Rahayu, Dewi (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs Sunan Gunung Jati Sunan Gunung Jati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESES_208200060_DEWI RAHAYU.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rahayu, Dewi. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture
Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs
Sunan Gunung Jati. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing,
Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata kunci : Model Picture and Picture, Gaya Kognitif, Berpikir Kreatif, MTs Sunan
Gunung Jati.
Penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa
akan menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan, sehingga akan lebih
mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Namun
sampai saat ini, masih banyak guru yang kurang memperhatikan penggunaan model
pembelajaran yang tepat. Permasalahan tersebut sama halnya dengan kegiatan belajar
mengajar di MTs Sunan Gunung Jati, khususnya kelas VIII yang masih sering
menggunakan model pembelajaran ceramah, sehingga pembelajaran masih dirasa kurang
efektif dan tujuan pembelajaran tidak dapat dicapai secara maksimal. Hal tersebut diketahui
peneliti melalui wawancara kepada salah satu guru dan murid.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Picture and Pictures ditinjau dari gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa
kelas VIII MTs Sunan Gunung Jati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sunan Gunung Jati dengan jumlah populasi
83, dan jumlah sampel 38 siswa, yang berasal dari kelas VIIIA yang berjumlah 19 anak
sebagai kelas kontrol, dan kelas VIIIC yang berjumlah 19 anak sebagai kelas eksperimen.
Instrumen yang digunakan berupa tes essay berjumlah 10 soal, dan tes Group Embedded
Figure Test (GEFT) berjumlah 25 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif untuk mencari nilai mean, minimal, maksimal, dan standar deviasi. Kemudian
juga menggunakan uji asusmsi dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas, dan
menggunakan uji hipotesis berupa uji t dan uji N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa penggunaan model
pembelajaran picture and picture ditinjau dari gaya kognitif efektif terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa MTs Sunan Gunung Jati. Pernyataan tersebut
berdasarkan dari hasil perhitungan uji T yang menunjukkan bahwa thitung 3.303 >
ttabel 1.688 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Atau juga dapat dilihat melalui
nilai sig 0,002 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Pada perhitungan N�Gain juga didapatkan nilai rata-rata sebesar 59, 40% pada kelas eksperimen yang
memiliki kriteria cukup efektif, sehingga dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran picture and picture ditinjau dari gaya kognitif efektif terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa MTs Sunan Gunung Jati
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:10 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31817 |
Actions (login required)
View Item |