Putri, Nadia Silviana (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Full Day School terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas 8 MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200029_NADIA SILVIANA PUTRI_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Putri, Nadia Silviana. 2024. Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Full Day School Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas 8 MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Risma Dwi Arisona, M. Pd.
Kata Kunci: Full day school, minat belajar, pembelajaran IPS.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada yaitu sebuah fenomena berupa minat belajar siswa yang cenderung semakin rendah. Fenomena tersebut bisa dilihat dari waktu belajar yang semakin lama membuat siswa semakin bosan, jenuh, dan lelah dalam mengikuti pembelajaran di kelas terlebih lagi kemampuan siswa untuk berkonsentrasi tidak bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Akibatnya siswa menjadi tidak fokus dan siswa sulit menyerap materi pelajaran. Hal tersebut kemudian akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) pelaksanaan pembelajaran full day school di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan; (2) minat belajar IPS siswa kelas 8 di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan; dan (3) hubungan pelaksanaan pembelajaran Full Day School terhadap minat belajar IPS siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah 2 Jenangan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran angket full day school dan angket minat belajar IPS dengan populasi dan sampel sebanyak 37 siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah 2 Jenangan yang dipilih dengan teknik probability sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji product moment yang meliputi uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas) dan uji hipotesis (uji korelasi pearson atau spearman, uji regresi linear sederhana). Penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpilkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran full day school dapat memberikan lebih banyak kesempatan pada siswa untuk mempelajari materi IPS secara mendalam di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan; (2) siswa kelas 8 di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan memiliki minat belajar yang sedang terhadap pelajaran IPS; (3) pelaksanaan pembelajaran full day school memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat belajar IPS siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah 2 Jenangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risma Dwi Arisona |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:09 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31813 |
Actions (login required)
View Item |