Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Galak, Slahung, Ponorogo

Amalia, Jamila (2024) Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Galak, Slahung, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi jamilaamalia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Jamila Amalia. 2024. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Galak, Slahung, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi.
Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Perkembangan Sosial
Bermain peran merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak karena dalam bermain peran anak akan mengembangkan imajinasinya untuk memerankan peran-peran sesuai sifat-sifat dari tokoh atau benda tersebut. Dengan melakukan bermain peran tentunya dapat meningkatkan kerjasama kelompok, rasa percaya diri anak, dan komunikasi anak dalam berinteraksi, juga berpendapat tanpa rasa malu.
Dalam penelitian ini, peneliti memilih pendekatan dengan menggabungkan antara kualitatif dan kuantitatif (Mix Methods) adapun jenis penelitiannya menggunakan studi kasus dengan melakukan eksperimen. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan guru kepala sekolah dan guru kelas TK Dharma Wanita Galak dan teknik ovservasi yang dilakukan kepada empat siswa. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari literatur pendukung dan jurnal-jurnal terkait.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran ini dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini di TK Dharma Wanita Galak yaitu dengan meningkatnya interaksi sosial anak dengan temannya, anak dapat melakukan kerjasama dalam memerankan bermain peran serta terciptanya komunikasi anak menjadi lebih baik. Dengan demikian metode bermain peran dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:09
Last Modified: 16 Dec 2024 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31810

Actions (login required)

View Item View Item