Implementasi Intrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Siman)

RISKA DEVI, TAMARA (2024) Implementasi Intrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Siman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206200138_RISKA DEVI TAMARA_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tamara, Riska Devi. 2024. Implementasi Intrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Siman). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah, M.Pd.
Kata Kunci: Intrakurikuler, Keagamaan, Karakter
Intrakurikuler keagamaan merujuk pada kegiatan atau program yang terkait dengan aspek keagamaan yang dimasukkan ke dalam kurikulum suatu lembaga pendidikan. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman, pengembangan nilai, dan praktek keagamaan kepada peserta didik sebagai bagian integral dari pendidikan formal. Intrakurikuler keagamaan dapat mencakup berbagai mata pelajaran dan kegiatan, seperti pelajaran agama, ritual keagamaan, etika, dan nilai-nilai moral yang bersumber dari ajaran keagamaan tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Proses Implementasi Intrakuriker Keagaman di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. (2) Bagaimana Dampak Implementasi Intrakurikuler Keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles dan Huberman, Saldana, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa: (1) Implementasi kegiatan intrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo, yang mencakup program Tahfidz, Tartil, Tahlil, dan Shalat Berjamaah, dilaksanakan berdasarkan PERBUB No. 37 Tahun 2022. Kegiatan ini dilakukan secara tepat waktu dan didukung oleh seluruh pihak sekolah untuk memastikan pencapaian kompetensi spiritual peserta didik serta menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berkarakter, dan berkepribadian sesuai nilai-nilai Pancasila. Pengawasan dan pendampingan dalam kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan disiplin, ketertiban, serta kesadaran siswa akan pentingnya kegiatan ini bagi perkembangan mereka di masa depan. (2) Implementasi kegiatan intrakurikuler di SMPN 1 Siman berdampak positif terhadap pengembangan karakter siswa, yang terlihat dari penyelesaian kegiatan intrakurikuler seperti Tahfidz, Tartil, dan Tahlil secara tepat waktu. Siswa menjadi lebih disiplin, saling menghargai, memiliki sikap takut kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran keagamaan yang disediakan. Selain itu, siswa juga belajar untuk menghormati perbedaan, mengembangkan sikap toleransi, dan terbiasa mengikuti kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan secara rutin setiap hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma’rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:08
Last Modified: 16 Dec 2024 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31809

Actions (login required)

View Item View Item