PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA SHOLAWAT NARIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-ISLAM JORESAN PONOROGO

Indriani Safutri, Ine (2024) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA SHOLAWAT NARIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-ISLAM JORESAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200092_INE INDRIANISAFUTRI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indriani, Ine. 2024. Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Membaca Sholawat Nariyah Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I
Kata Kunci: Pembiasaan, Sholawat nariyah, Karakter religius
Shalawat merupakan bagian dari zikir. Shalawat juga bagian dari bentuk ibadah karena Allah dan Rasulnya memerintahkan untuk bershalawat, yang merupakan sumber pahala kebaikan. Ponpes Al-Islam Joresan memiliki pembiasaan membaca sholawat nariyah sebelum memulai pembelajaran, tujuannya adalah agar para santri siap untuk memulai pelajaran jam pertama, membiasakan para santri akhlak yang baik, membiasakan para santri untuk disiplin.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan pembiasaan membaca sholawat nariyah di Ponpes Al-Islam Joresan.(2) mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat membaca sholawat nariyah dalam penguatan karakter religius di Ponpes Al-islam Joresan.(3) mengetahui bagaimana hasil dari penguatan karakter religius di Ponpes Al-Islam Joresan.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah salah satu seorang santri yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dari hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi data.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1)pelaksanaan pembiasaan membaca sholawat nariyah dimulai dari pagi hari sebelum pelajaran mulai setiap hari kecuali hari sabtu dengan didampingi ustadz/ustadzah yang mengajar pada pelajaran jam pertama. (2)faktor yang mendukung jalannya pembiasaan membaca sholawat nariyah yaitu dukungan dari pimpinan pondok,peran guru kepada para santri,pemahaman para santri terhadap pengertian ,faedah tentang sholawat nariyah. Kemudian faktor penghambat dari pembiasaan ini adalah kurangnya motivasi santri dalam mengikuti kegiatan pembiasaan ini, kurangnya disiplin para santri, dan juga kurang pendampingan dari para ustadz/ustadzah. (3)melalui pembiasaan membaca sholawat nariyah dapat memperdalam hubungan spiritualnya dengan Tuhan tetapi juga membangun karakter yang positif. perubahan perilaku dan akhlak. Santri akan lebih mudah meneladani akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:07
Last Modified: 16 Dec 2024 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31808

Actions (login required)

View Item View Item