Alam, Yusria Bahrul (2024) Pendididikan Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Nurul Akbar Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200204_YUSRIA BAHRUL ALAM_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Alam, Yusria Bahrul. 2024. Pendididikan Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Nurul Akbar Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata kunci: Pendidikan, Akhlak, Santri, Pembelajaran.
Pondok pesantren Nurul Akbar, Babadan, Ponorogo sendiri memiliki keberagaman santri dari berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya dan tempat asal yang berbeda-beda, dengan berbagai jenjang pendidikan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi dengan menempuh pendidikan formal di berbagai lembaga pendidikan di luar pondok pesantren, pergaulan di luar pesantren, hal-hal tersebut juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan baik buruk akhlaknya. Untuk menangulangi masalah ini tentunya harus ada pendidikan akhlak yang mampu untuk memperkuat akhlak santri, salah satunya dengan pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) konsep pendidikan akhlak dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari, (2) pendidikan akhlak santri melalui pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari di pondok pesantren Nurul Akbar Babadan Ponorogo, (3) implikasi pendidikan akhlak pada santri melalui pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari di di pondok pesantren Nurul Akbar Babadan Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini kualitatif. Jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik interaktif Miles, Huberman, dan Saldana berupa kondensasi data, reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan akhlak dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’alim berfokus pada keutamaan ilmu, keutamaan belajar, dan mengajarkannya, etika seseorang dalam tahap mencari ilmu, etika seseorang ketika sudah menjadi alim atau dinyatakan lulus dari lembaga pendidikan, (2) pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Muta’alim dilaksanakan dengan metode maknani kitab yaitu guru/ustadz membacakan isi kitab kemudian para santri memaknai kitabnya masing-masing setelahnya guru/ustadz menjelaskan isi kitab dengan metode ceramah serta dipadukan dengan metode keteladanan di luar jam pelajaran, (3) implikasinya terwujud dalam beberapa sikap terpuji diantaranya, memiliki sikap ta’dzim, memiliki sikap tangung jawab, memiliki sikap sopan santun, memiliki sikap disiplin, memiliki sikap gotong royong, sikap menghormati guru/ustadz, memikili sikap mendoakan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Heriyudanta |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:07 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:07 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31806 |
Actions (login required)
View Item |