Pengembangan Media Pembelajaran Komik Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi IPAS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis di Kelas IV MI Ma'arif Patihan Wetan Ponorogo

Nurberlianti, Putri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi IPAS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis di Kelas IV MI Ma'arif Patihan Wetan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI NURBERLIANTI 203200085.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPAS bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir pada siswa, salah satunya adalah berpikir logis. Berpikir logis merupakan proses berpikir yang menggunakan logika. Kemampuan berpikir logis penting diterapkan pada kelas IV MI karena memudahkan dalam memahami konsep abstrak dalam sains serta mampu memperoleh prestasi yang baik. Selain itu, kemampuan berpikir logis juga dapat membantu siswa dalam proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa. Salah satu alternatif media yang bisa digunakan yaitu komik yang didesain menggunakan aplikasi Canva.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dengan menggunakan aplikasi Canva materi IPAS, Adapun tujuan spesifiknya antara lain: (1) menguji validitas produk media pembelajaran komik untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis pada materi IPAS di MI Ma’arif Patihan Wetan, (2) menguji kepraktisan media komik pembelajaran pada materi IPAS yang dilakukan oleh guru, (3) menguji efektivitas media pembelajaran berbasis komik pada materi pembelajaran IPAS.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah pengembangan dengan menggunakan model DDD-E dengan tahapan yang dilakukan meliputi Decide, Design, Development dan Evaluate. Subjek penelitian yang digunakan adalah anak kelas IV MI Ma’arif Patihan Wetan dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket validasi dan kepraktisan serta tes kemampuan berpikir logis. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah Paired Sample t-test.
Adapun kesimpulan dari hasil pengembangan media komik pembelajaran materi IPAS menggunakan aplikasi Canva pada kelas IV MI Maarif Patihan Wetan sebagai berikut: 1) Hasil validitas dari dua validator memenuhi kriteria valid dengan skor 85% untuk validasi bahasa, 84% untuk validasi materi, dan 88% untuk validasi media komik pembeljaaran, 2) Kepraktisan media mendapat skor 79% yang masuk kategori praktis, 3) Efektivitas media komik menggunakan aplikasi Canva pada materi IPAS menggunakan Cohen’s d effect size mendapat skor 0.088909 dengan kategori efektivitas sangat rendah terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas IV MI Ma’arif Patihan Wetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:06
Last Modified: 16 Dec 2024 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31805

Actions (login required)

View Item View Item