Rahma, Gaitsa Zahira Putri (2024) Pelaksanaan Pembelajaran IPS pada Pendidikan Kesetaraan Paket B untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di PKBM Bhakti Luhur Desa Doho Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200017_GAITSA ZAHIRA PUTRI RAHMA_TADRIS IPS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rahma, Gaitsa Zahira Putri, 2024. Pelaksanaan Pembelajaran IPS pada Pendidikan Kesetaraan Paket B Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di PKBM Bhakti Luhur Desa Doho. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata kunci : Pembelajaran IPS, Paket B, Keterampilan Sosial
Pendidikan adalah salah satu pondasi yang penting bagi individu dalam menghadapi zaman yang semakin global. Namun nyatanya di kehidupan saat ini masih banyak masyarakat yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan pendidikannya sehingga rendahnya kualitas pendidikan dan keterampilan masyarakat. Maka dari itu pelaksanaan pembelajaran IPS di PKBM dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan dan pemberdayaan keterampilan agar masyarakat dapat mendapatkan bekal di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Pelaksanaan pembelajaran IPS pada pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Bhakti Luhur Desa Doho Dolopo Madiun; 2) Bagaimana keterampilan sosial pada pelaksanaan pembelajaran IPS pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Bhakti Luhur Desa Doho Dolopo Madiun; 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran IPS pada pendidikan kesetaraan paket B untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di PKBM Bhakti Luhur Desa Doho Dolopo Madiun.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi ketua lembaga, guru dan siswa atau warga belajar PKBM Bhakti Luhur.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Serta teknik dalam analisis data adalah model analisis Miles, Hubernan dan Saldana, meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber, serta pengamatan yang tekun.
Hasil ini yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran IPS pada pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Bhakti Luhur yaitu terdapat beberapa tahapan dalam proses pembelajaran IPS, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Terdapat beberapa program pemberdayaan untuk meningkatkan keterampilan para warga belajar. 2) keterampilan sosial pada pembelajaran IPS paket B adalah membentuk individu yang percaya diri, tidak minder karena telah mengetahui banyak ilmu, peningkatan kemampuan berkomunikasi dan memiliki potensi yang digunakan untuk masa depan nanti.3) Faktor pendukung dari pelaksanaan pembelajaran IPS pada program paket B untuk meningkatkan keerampilan sosial siswa adalah tenaga pengajar yang berkompeten, partisipasi serta dukungan aktif dari keluarga dan keinginan yang kuat dari diri sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas sarana prasarana yang masih kurang memadai, kondisi perekonomian beberapa individu yang kurang mampu untuk membayar serta motivasi belajar yang rendah dari siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Syafiq Humaisi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:57 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31793 |
Actions (login required)
View Item |