Keterampilan Bertanya dalam Pendekatan Literasi Sains Siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo

Yasintya, Kharisma (2022) Keterampilan Bertanya dalam Pendekatan Literasi Sains Siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E -THESIS SKRIPSI_207180089_KHARISMA YASINTYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan bertanya dengan pendekatan literasi sains
yang dimiliki oleh peserta didik dapat digunakan untuk
memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran
IPA maupun kehidupan sehari-hari. Sebagai upaya meningkatkan
keterampilan bertanya peserta didik, dalam hal ini guru
memberikan treatment dengan pendekatan pembelajaran literasi
sains untuk melatih keterampilan peserta didik dalam menggali
informasi dengan mencari tahu atau bertanya pada sesama teman
atau kepada guru.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Tingkat
keterampilan bertanya pada peserta didik dan (2) Faktor
pendukung keterampilan bertanya dalam literasi sains peserta
didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif fenomenologi dengan metode deskriptif. Pengambilan
data dilakukan dengan wawancara mendalam (Indepth
Interview), serta dokumentasi kepada peserta didik dan guru di
MTs Negeri 3 Ponorogo sebanyak 8 orang. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan software
Nvivo 12 plus sebagai media dalam visualisasi data.
Berdasarkan hasil analisa data penelitian menunjukkan
bahwa (1) Peserta didik dengan keterampilan bertanya
berlandaskan pada beberapa tahapan, seperti: (a) Aktivitas, (b)
Rasa ingin tahu, dan (c) Literasi sains. Dalam hal ini tidak semua
peserta didik bisa melaksanakan seluruh tahapan. Hal tersebut
ditunjukkan dari beberapa respon peserta didik terkait
pengetahuan mereka terhadap tahapan ini. (2) Peserta didik dapat
termotivasi untuk meningkatkan keterampilan bertanya dalam
pendekatan literasi sains dengan didukung oleh beberapa faktor.
Faktor tersebut diantaranya, yaitu: (a) Guru, (b) Peserta didik, dan
(c) Orang tua.
Semua faktor pendukung tersebut tujuannya untuk
menumbuhkan rasa semangat serta keinginan untuk menjadi diri
yang lebih baik. Sehingga, melalui keterampilan dan pendekatan
tersebut peserta didik dapat membuat suatu peningkatan
berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.
Kemudian dari rancangan tersebut, peserta didik dapat
menerapkan dan saling mendorong pada segala keterampilan
yang dihubungkan dengan pendekatan literasi sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:18
Last Modified: 12 Dec 2024 08:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31779

Actions (login required)

View Item View Item