Pengaruh Persepsi Manfaat dan Spiritual Marketing terhadap Minat Menggunakan Ulang E-wallet ShopeePay

Permatasari, Sindy Vebri (2023) Pengaruh Persepsi Manfaat dan Spiritual Marketing terhadap Minat Menggunakan Ulang E-wallet ShopeePay. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-THESIS SINDY VEBRI PERMATASARI_401190184.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat penggunaan adalah sebuah perilaku konsumen dimana konsumen
mempunyai keinginan dalam membeli atau memilih suatu produk, berdasarkan
pengalaman dalam memilih, menggunakan dan mengkonsumsi atau bahkan
menginginkan suatu produk. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi minat
penggunaan/pembelian seseorang terhadap suatu barang atau jasa, yaitu faktor
budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh persepsi manfaat terhadap minat menggunakan ulang e-wallet
ShopeePay, (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh spiritual marketing
terhadap minat menggunakan ulang e-wallet ShopeePay, (3) untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh persepsi manfaat dan spiritual marketing terhadap minat
menggunakan ulang e-wallet ShopeePay. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitiaan kuantitatif dan mengggunakan desain penelitian survei. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner dalam pengambilan data. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna e-wallet ShopeePay yang berdomisili
di Kota Madiun. Sementara untuk mengetahui jumlah sampel di salah satu daerah,
peneliti menggunakan perhitungan rumus cluster sampling. Dalam melakukan
pengolahan dan analisis data, peneliti menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi
linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan uji R2.
Dalam melakukan pengujian data, peneliti menggunakan SPSS.
Perhitungan tersebut memperoleh hasil: (1) Variabel persepsi manfaat secara
parsial memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat penggunaan
ulang e-wallet ShopeePay di Kota Madiun; (2) Variabel spiritual marketing secara
parsial memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat penggunaan
ulang e-wallet ShopeePay di Kota Madiun; (3) Secara simultan persepsi manfaat
(X1) dan spiritual marketing (X2) berpengaruh terhadap minat penggunaan ulang
e-wallet ShopeePay di Kota Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:13
Last Modified: 12 Dec 2024 08:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31778

Actions (login required)

View Item View Item