Efektivitas Model Pembelajaran ContextualTeaching And Learning (CTL) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII MTsN 1 Ngawi

Annisa, Ariana Amalia (2022) Efektivitas Model Pembelajaran ContextualTeaching And Learning (CTL) Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII MTsN 1 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang
menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari sehingga
kemampuan berpikir logis sangat diperlukan dan menjadi salah
satu tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran ini. Peralihan
sistem pembelajaran dari daring menuju luring menyebabkan
kemampuan berpikir logis siswa dalam pembelajaran IPA
cenderung rendah. Sehingga salah satu upaya yang dilakukan
untuk memperbaiki pembelajaran adalah dengan menerapkan
model pembelajaran CTL berbasis STEM, karena model ini
dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan
menghubungkan pada kehidupan sehari-hari serta
meningkatkan aktivitas siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa
dalam pembelajaran serta mengetahui efektivitas model
pembelajaran CTL berbasis STEM terhadap kemampuan
berpikir logis siswa.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah
lembar keterlaksanaan dan aktivitas siswa serta soal tes
kemampuan berpikir logis. Analisis penelitian menggunakan
uji-t dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan
pembelajaran dan aktivitas siswa berjalan lancar dengan
kategori baik. Kemudian pada hasil uji-t diperoleh nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan H0 ditolak dan
H1 diterima artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir
logis siswa pada kelas kontrol dan eksperimen, selanjutnya
berdasarkan hasil N-Gain diketahui hasil rata-rata kelas
eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu sebesar
57,2496. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis STEM
berpengaruh dan cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir logis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:10
Last Modified: 12 Dec 2024 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31777

Actions (login required)

View Item View Item