Implementasi Strategi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Gadai Emas Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang, Plos0

Erpandi, Riki (2022) Implementasi Strategi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Gadai Emas Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang, Plos0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Output.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap kegiatan
ekonomi terkhusus pada setiap lembaga keuangan. Kerena dengan adanya
kegiatan pemasaran tersebut maka tujuan suatu perusahaan atau organisasi
maupun lembaga bisa tercapai. Serta tidak dapat dipungkiri perubahan akan
globalisasi teknologi yang tidak dapat dihindari menuntut setiap perusahaan,
lembaga mapuan organisasi untuk lebih peka sehingga mendorong kekreatifan
dan inovasi seseorang dalam proses pemasaran agar tidak tertinggal oleh zaman.
Digital marketing menjadi peran utama dalam penelitian ini, sejauh manakah
sasaran yang dimaksud mampu menerapkan digitalisasi tersebut.Tujuan utama
penelitian ini adalah untuk menganalisis digital marketing yang diterapkan pada
Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jombang Ploso sebagai strategi
dalam meningkatkan nasabah produk gadai emas dalam beberapa kurun waktu
yang mana dari sebelumnya lembaga tersebut telah menggunakan sistem
marketing tradisoanal yang kemudian beralih pada sistem digitalisasi. Dari
peralihan sistem tersebut ditemukan adanya keresahan ataupun kejanggalan akibat
beberapa faktor.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
melakukan wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini mengatakan bahwa digital marketing yang digunakan dirasa belum maksimal
akibat andanya kendala-kendala yang dihadapi. Selain itu proses pengalihan
sistem menjadi tantangan terbaru khususnya di era digitalisasi saat ini.
Adapun dealetika yang dihadapi dalam Syariah Indonesia Kantor Cabang
Pembantu Jombang Ploso ini dipengaruhi oleh faktor internal yakni, latar
belakang karyawan yang tidak sesuai, sarana yang kurang memadai, dan software
yang kurang mempuni atau maksimal serta faktor eksternal yaitu masyarakat
kolonial dan masyarakat yang kurang melek teknologi. Oleh karena itu perlu
adanya tindak lanjut akan permasalahan tersebut yang berupa pelaatihan SDM,
peningkatan sarana, dan pengembangan software yang lebih baik lagi serta harus
adanya pendekatan kepeda masayarakat dengan memberikan pemahaman akan
pentingnya teknologi dan juga memberikan pelayanan yang terbaik sehingga
mampu meningkatkan rasa kepercayaan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:49
Last Modified: 12 Dec 2024 07:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31774

Actions (login required)

View Item View Item