Pola Komunikasi Interpersonal Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas 1 MI Darul Khair Ngrayun

Winanti, Ade erlin putri (2022) Pola Komunikasi Interpersonal Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas 1 MI Darul Khair Ngrayun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESES_203180001_ADE ERLIN PUTRI WINANTI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi tidak terlepas dalam proses pendidikan, tanpa komunikasi maka tujuan
pembelajaran tidak akan tercapai. Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi interpersonal
guru dalam proses pembelajaran bahasa inggris di kelas 1. Komunikasi interpersonal digunakan
untuk melatih kemampuan berbicara bahasa inggris kelas 1 yang mendukung program madrasah
yaitu english day.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pola komunikasi
interpersonal guru dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris kelas 1 Mi Darul Khair Ngrayun,
(2)Mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung proses pembelajaran antara guru dan
siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, (3) Mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk
mengatasi kendala komunikasi interpersonal dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan jenis penelitian studi
kasus tunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 MI Darul Khair Ngrayun.
Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan
konsep analisis Miles dan Huberman diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan
trianggulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan 1) komunikasi interpersonal guru pada proses pembelajaran
bahasa inggris di kelas 1 sudah berjalan baik dan cukup efektif, 2) Faktor-faktor yang menghambat
proses komunikasi interpersonal guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa inggris
di MI Darul Khair Ngrayun adalah hambatan proses, hambatan fisik, hambatan semantik dan
hambatan psikologis sedangkan faktor pendukung prose komunikasi adalah media, lingkungan
sekolah yang kondusif, kepercayaan dan motivasi yang diberikan guru kepada peserta didik, 3)
Upaya-upaya yang dilakukan tidak terlepas dari penerapan pola komunikasi interpersonal, guru
selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketrampilan berbicara bahasa inggris peserta didik
dengan pendekatan personal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:32
Last Modified: 12 Dec 2024 07:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31771

Actions (login required)

View Item View Item