PENGARUH METODE YANBU’A DAN PERAN GURU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH DINIYAH IMAM BESARI PULUNG PONOROGO TAHUN AJARAN 2023/2024

Purwaningsih, Atika (2024) PENGARUH METODE YANBU’A DAN PERAN GURU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH DINIYAH IMAM BESARI PULUNG PONOROGO TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201200250_ATIKA PURWANINGSIH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Purwaningsih, Atika. 2024. Pengaruh Metode Yanbu’a dan Peran Guru terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Imam Besari Pulung Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Peran Guru, Kemampuan membaca Al-Qur’an santri
Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam yang mendasari semua aspek kehidupan umat Islam, baik individu maupun sosial. Pembelajaran al-Qur’an merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap Muslim, khususnya dalam kemampuan membaca, yang perlu diajarkan sejak usia dini untuk membentuk karakter cinta al-Qur’an. Namun, di Madrasah Diniyah Imam Besari Pulung, beberapa santri masih mengalami kesulitan dalam membaca al-Qur’an, terutama terkait tajwid dan makharijul huruf, serta beberapa santri belum mampu membaca dengan lancar. Untuk mengatasi masalah ini, metode Yanbu’a telah digunakan dalam melatih kemampuan membaca al-Qur’an santri, tetapi perbaikan signifikan belum terlihat. Dalam hal ini, peran guru sangat penting, tidak hanya dalam mengajarkan al-Qur’an, tetapi juga dalam memotivasi santri, meningkatkan minat belajar, serta memastikan penerapan metode pembelajaran yang tepat dan efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca al-Qur’an santri, (2) peran guru terhadap kemampuan membaca al-Qur’an santri, dan (3) metode Yanbu’a dan peran guru secara bersamaan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an santri di Madrasah Diniyah Imam Besari Pulung Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei untuk mengidentifikasi pengaruh variabel bebas. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 responden dengan teknik non-probability sampling. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniearitas, uji heteroskedasititas dan uji hipotesis, meliputi regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan hal berikut: (1) Metode Yanbu’a berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an santri, diketahui nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0.036 < 0.05 dan nilai t hitung 2.161 > t tabel 2.008, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. (2) Peran guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an, diketahui nilai sig untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0.002 < 0.05 dan nilai t hitung 3.282 > t tabel 2.008, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode Yanbu’a dan peran guru secara simultan atau bersamaan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an santri, nilai sig sebesar 0.000 < 0.05 dan f hitung 15.718 > f tabel 3.179, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2024 05:37
Last Modified: 12 Dec 2024 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31752

Actions (login required)

View Item View Item