Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme DiMIN 1 Ponorogo

Fatmasari, Nira (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme DiMIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Jurnal skripsi nira fatmasari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses komunikasi yang di dalamnya terkandung suatu proses
transformasi pengetahuan yang dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas. Pendidikan perlu
adanya model pembelajaran yang menarik. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau
suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan kegiatan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran
Value Clarification Technique (VCT) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sikap
kepahlawanan dan patriotisme di MIN 1 Ponorogo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap
pemahaman siswa pada materi sikap kepahlawanan dan patriotisme.
Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di MIN 1
Ponorogo. Ada 4 kelas, 2 kelas dijadikan sampel penelitian. Sampel ini diambil dengan teknik
purposive sampling dari populasi yang terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini menggunakan post-test
dan observasi sebagai teknik pengumpulan data.Teknik analisa data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji-t.
Berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05. Maka H0
ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa
kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sikap kepahlawanan dan patriotisme yang
menggunakan model pembelajaran value clarification technique (VCT) lebih tinggi dari
kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Maka
dengan demikian penggunaan model pembelajaran value clarification technique (VCT)
berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sikap kepahlawanan
dan patriotisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujemg
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:29
Last Modified: 12 Dec 2024 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item