Optimalisasi Metode Tartila bil Qolam dalam Membaca Al-Qur’an di Kelas V Mi Sailul Ulum Pagotan Madiun

Sari, Nunung Asna (2024) Optimalisasi Metode Tartila bil Qolam dalam Membaca Al-Qur’an di Kelas V Mi Sailul Ulum Pagotan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NUNUNG ASNA SARI 203200218 PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Nunung Asna. 2024. Optimalisasi Metode Tartila Bil Qolam Dalam Membaca Al-Qur’an Di Kelas V MI Sailul Ulum Pagotan Madiun. Skripsis. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Basuki. M.Ag.
Kata Kunci : Metode, Tartila Bil Qolam, Membaca Al-Qur’an

Pengajaran Al-Qur’an kepada anak yang ditanamkan sejak dini merupakan kebaikan agar kelak anak dapat dengan mudah memahami isi dari Al-Qur’an. Karena usia anak sekolah dasar adalah usia dimana anak diberikan perlahan pemahaman Al-qur’an untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Di MI Sailul Ulum Pagotan ini terdapat pembelajaran Al-Qur’an yang dimana menggunakan metode Tartila Bil Qolam.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan langkah-langkah penggunaan metode Tartila Bil Qolam yang di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun tahun 2024. (2) Memberikan informasi tentang faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan metode Tartila Bil Qolam (3) Mendeskripsikan kualitas atau hasil pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Tartila Bil Qolam di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknil analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan metode tersebut belum terlaksana dengan optimal. Perlu adanya evaluasi serta pembenahan dalam pengaturan pembelajaran Al-Qur’an. Penggunaan metode Tartila Bil Qolam memberikan dampak dan hasil yang cukup memuasakan terhadap kemampuan siswa dalam membaca, dari segi kelancaran, kefasihan dan tajwidnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:32
Last Modified: 12 Dec 2024 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31722

Actions (login required)

View Item View Item