Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan

Widyawati, Alfina Sisca (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 208200050 ALFINA SISCA WIDYAWATI (2).pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, rendahnya minat belajar IPS, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS ketika diberi tindakan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament materi keragaman sosial budaya dalam masyarakat pada siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan, penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan juga kelas eksperimen. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi yang berguna bagi guru IPS, khususnya dalam mempelajari model pembelajaran agar lebih variatif dan menarik.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa yakni kelas eksperimen adalah kelas VII B berjumlah 22 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VII C yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan soal pilihan ganda yang berjumlah 25 soal yang diberikan pada awal pembelajaran (Pre Test) dan akhir pembelajaran (Post Test). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji independent sample test.
Pada saat dilakukan pre-test dan post-tes kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata berjumlah 65,91, kelas kontrol nilai rata-rata berjumlah 60,55. Hasil perhitungan data dilakukan dengan uji independent sample test, Uji independent sample test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Maka menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:29
Last Modified: 12 Dec 2024 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31720

Actions (login required)

View Item View Item