Rohmawati, Ayu (2022) Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Service Performance Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
Ayu Rohmawati_402180015_Perbankan Syariah A.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Loyalitas konsumen atau nasabah adalah suatu komitmen konsumen terhadap suatu merek atau pemasok yang tercermin dari sikap positif dan melalui wujud perilaku pembelian ulang secara konsisten. Dilatarbelakangi oleh nasabah pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo yang menyatakan bahwa merasa tidak loyal meski service performance sudah baik dan merasa loyal meski customer service lambat dalam menangani penanganan masalah pada nasabah.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah SPSS versi 16. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas dan uji linieritas), analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, serta pengujian hipotesis (uji t, uji F, dan koefisien determinasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (2) service performance tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,088 > 0,05; (3) secara simultan customer relationship marketing dan service performance berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Husna Ni'matul Ulya |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:54 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31712 |
Actions (login required)
View Item |