Setyowati, Esta (2022) Analisis Efektivitas Pelayanan Mobile Banking Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk Yos Sudarso). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
ESTA SETYOWATI_402180032_PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi melalui aplikasi mobile banking. Mobile banking merupakan suatu layanan perbaankan yang diberikan pihak bank untuk mendukung kelancaran dan kemudahan kegiatan perbankan, akan tetapi faktanya pelayanan mobile banking pada BSI KCP Nganjuk Yos Sudarso belum lengkap dalam segi pembayaran platform belanja online dan pembayaran tiket transportasi yang umumnya banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik pelayanan pada produk mobile banking di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso, faktor-faktor pelayanan pada produk mobile banking di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso, efektivitas pelayanan pada produk mobile banking di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso. Peneliti menggunakan metode field research, dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wa wancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian beralamatkan di Jalan Yos Sudarso No. 15 C, Payaman, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa analisis efektivitas pelayanan mobile banking untuk meningkatkan kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso yaitu menggunakan lima dimensi. Dimensi bukti fisik (tangibles), dimensi keandalan (reliability), dimensi ketanggapan (responsiveness), dimensi jaminan (assurance), dimensi empati (empaty). Dengan menggunakan lima dimensi tersebut Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso sudah menerapkan pelayanan yang sangat baik dan sudah sesuai dengan standar pelayanan karena lima dimensi tersebut saling bersinergi. Faktor-faktor pelayanan pada produk mobile banking di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso dalam meningkatkan nasabah merupakan faktor keamanan, faktor biaya, faktor desain. Efektivitas pelayanan pada produk mobile banking untuk meningkatkan kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso sudah berjalan dengan efektif hal ini dibuktikan dengan indikator pemahaman program, tepat waktu, pencapain tujuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Luhur Prasetiyo |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31710 |
Actions (login required)
View Item |