upaya guru dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa melalui pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran ips

'Aini, Alis Qurotul (2024) upaya guru dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa melalui pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran ips. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ALIS QUROTUL ‘AINI_208180007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, sikap sopan santun dan budaya keramahan di Indonesia mengalami kemerosotan. Hal tersebut dapat ditemui dari generasi muda dan remaja saat ini yang cenderung kehilangan adab dan etika sopan santun terhadap teman sebaya, orang yang lebih tua, guru bahkan juga kepada orang tua. Fenomena khususnya karakter sopan santun siswa dalam bersikap kurang baik di sekolah maka sangatlah penting pendidikan karakter perlu untuk ditumbuhkan dan ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan sopan santun siswa maka dibutuhkan metode pembelajaran yang cooperative learning cocok apabila digunakan alternatif dalam upaya memperbaiki karakter siswa khususnya sikap sopan santun pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan penerapan metode cooperative learning pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif Widodaren (2) untuk menjelaskan peran guru dalam menumbuhkan karakter sopan santun peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif Widodaren, dan (3) untuk menjelaskan dampak metode cooperative learning dalam menumbuhkan karakter sopan santun peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif Widodaren.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan empat tahapan teknik analisis data yaitu reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber untuk menguji kredibiltas data yang diperoleh.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan metode cooperative learning di SMP Ma’arif Widodaren dilakukan menerapkan materi IPS yang direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan metode cooperative learning dilakukan dengan metode diskusi kelompok, kemudian persentasi dan refleksi. Pada tahap evaluasi dilakukan post test tujuannya untuk mengukur kemampuan peserta didik tentang pemahaman materi yang sedang dibahas; (2) peran guru dalam meningkatkan sikap sopan santun peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif Widodaren yang dilaksanakan dengan mengintegrasikan model pembelajaran cooperative learning dan memberikan motivasi-motivasi kepada siswa untuk bersikap baik; dan (3) dampak metode cooperative learning dalam meningkatkan sikap sopan santun peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Ma’arif Widodaren, diantaranya antara lain timbulnya sikap saling menghargai baik kepada guru maupun kepada teman, siswa bisa saling mengeluarkan pendapat dari perspektif masing-masing individu dalam berdiskusi sehingga dapat melatih daya kritis siswa, meningkatkan hasil kualitas hasil belajar pada siswa, meningkatkan keterampilan sosial siswa, dan menguatkan sikap karakter siswa, apabila terjadi persaingan negatif antar siswa maka hasilnya tidak akan baik, kegiatan belajar kelompok tidak berjalan efektif apabila didalamnya terdapat anggota kelompok yang malas atau ingin berkuasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2024 05:03
Last Modified: 11 Dec 2024 05:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31686

Actions (login required)

View Item View Item