Strategi Konvergensi Media Radio Rasi FM Magetan di Era Digital

Izaar, Ahmad Shohibul (2024) Strategi Konvergensi Media Radio Rasi FM Magetan di Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
302200075_Ahmad Shohibul Izaar_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Izaar, Ahmad Shohibul. 2024. Strategi Konvergensi Media Radio Rasi FM
Magetan di Era Digital. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Konvergensi, Rasi FM Magetan, Era Digital
Strategi komunikasi Konvergensi media adalah menghadirkan cara baru
untuk memperoleh informasi dan hiburan dengan optimalisasi penggunaan media
baru. Radio harus bisa berinovasi mengikuti perkembangan zaman untuk
memperluas jangkauannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan perencanaan konvergensi
Radio Rasi FM Magetan di era digital. (2) Menjelaskan implementasi konvergensi
media yang dilakukan oleh Radio Rasi FM Magetan di era digital. (3) Menjelaskan
hasil konvergensi media yang dilakukan oleh Radio Rasi FM Magetan di era digital.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Strategi konvergensi
yang dilakukan oleh Radio Rasi FM Magetan dengan melakukan 3M yaitu
Multimedia, Multiplatform, dan Multichannel. Strategi 3M yang dilakukan oleh
Radio Rasi FM Magetan mengubah radio tradisional yang semula merupakan
media yang hanya menyajikan infomasi berupa audio saja, menjadi media yang
menyajikan informasi lebih lengkap dengan visual, audio, hingga teks untuk
mempermudah kebutuhan masyarakat dalam menerima informasi.
(2) Implementasi konvergensi yang dilakukan Radio Rasi FM Magetan
adalah dengan menerapkan 4 dari 5 dimensi diantaranya konvergensi kepemilikan,
konvergensi taktik, konvergensi struktur, konvergensi peliputan informasi, dan
konvergensi penyajian atau pengisahan cerita. Penggunaan dimensi yang tidak
digunakan oleh Rasi FM Magetan adalah konvegensi kepemilikan. Dimensi
konvergensi kepemilikan tidak digunakan karena Radio Rasi FM Magetan
meupakan radio yang berada di bawah naungan PT Pramasnet bersama radio
konvensional yang lain.
(3) Hasil dari praktik konvergensi di Radio Rasi FM Magetan menciptakan
beberapa hasil implikasi yang tejadi. Implikasi yang terjadi akibat konvergensi
media yang dilakukan oleh Radio Rasi FM Magetan diantaranya implikasi sosial
yang merubah gaya hidup masyarakat dalam menerima infomasi yang sebelumnya
berupa radio tradisional menjadi radio modern dengan interaksi yang lebih menarik
bagi masyarakat.
Hasil konvergensi Rasi FM juga mempengaruhi pada implikasi budaya yang
mengakibatkan pertukaran antar budaya yang cepat seiring dengan cepatnya arus
informasi dunia yang mudah diterima oleh masyarakat. Implikasi ekonomi akibat dari konvegensi media yang dilakukan oleh Radio Rasi FM Magetan juga
berpengaruh kepada gaya promosi produk masyarakat yang melakukan
pemanfaatan radio modern dalam perluasan target pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2024 06:08
Last Modified: 10 Dec 2024 06:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31614

Actions (login required)

View Item View Item