Septiana, Rennita (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE UTSMANI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200037_Rennita Septiana_MPI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Septiana, Rennita. 2024. Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Metode Utsmani Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Metode Utsmani, Bacaan Al-Qur’an
Metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun seorang guru atau harus memilih dan menguasai metode dengan tepat sehingga siswa dapat memahami pelajaran dengan baik. Mahad Al-Jami’ah IAIN Ponorogo merupakan salah satu lembaga dalam pembelajaran Al-Qur’an nya menggunakan metode Utsmani dalam rangka meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an mahasantri. Pada penelitian sebelumnya membahas tentang bagaimana pengaruh metode utsmani dan Halaqah Talamidul Qur’an (HTQ) terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri dengan hasil penelitian keduanya mempunyai pengaruh besar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri. Dan salah satu faktor dari keberhasilannya adalah bagaimana rangkaian manajemen pembelajaran Al-Qur’an dengan metode utsmani.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode utsmani dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo. (2)Untuk memaparkan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode utsmani dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo. (3) Untuk menjelaskan dan menganalisis evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode utsmani dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode utsmani di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo mencakup beberapa hal yang perlu dipersiapkan mulai dari penentuan Koordinator, Mu’allim, pembagian kelas mahasantri, media pembelajaran, kurikulum, waktu pembelajaran, target yang ingin dicapai, strategi, evaluasi dan anggaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an mengenai tahapan pembelajaran, strategi dalam mengajar, serta prinsip dasar sesuai dengan buku panduan Pendidikan Guru Pengajar Al-Qur’an (PGPQ). Selain itu juga terdapat pengarahan dari koordinator melalui kelas mandiri, kelas besar, HTQ, dan HMQ. (3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dilaksanakan sesuai dengan buku panduan Pendidikan Guru Pengajar Al-Qur’an (PGPQ) meliputi evaluasi konsep, evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan evaluasi akhir/tashih. Sedangkan evaluasi formatif meliputi evaluasi mingguan dan evaluasi sumatif meliputi evaluasi per semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Panggih Wahyu Nugroho |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 01:43 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 01:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31540 |
Actions (login required)
View Item |