Adiewahyuni, Aliza (2024) Pesan Moral Dalam Iklan Gojek Para Penjaga Amanah (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
UPLOUD ETHESES FIKS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Aliza Adiewahyuni, 2024. Pesan Moral Dalam Iklan Gojek Versi Para Penjaga Amanah (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I.
Kata kunci : semiotika Roland Barthes, Pesan Moral, dan Iklan Gojek.
Iklan sering kali memuat pesan moral yang memengaruhi persepsi dan nilai-nilai masyarakat. Salah satu iklan yang menarik untuk dianalisis adlah iklan Gojek Versi Para Penjaga Amanah, yang menonjolkan nilai amanah dan dedikasi para mitra pengemudi dalam menjaga kepercayaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, mitos serta pesan moral dalam iklan Gojek Versi Para Penjaga Amanah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisiss semiotika Roland Barthes menggunakan penanda dan petanda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi dan dokumentassi atas iklan Gojek Versi Para Penjaga Amanah.
Hasil dari penelitian ditemukan makna denotasi, konotasi, mitos serta pesan moral dalam iklan tersebut. Denotasi didalamnya yakni beberapaadegan representasi visual aktivitas nyata para pengemudi Gojek dalam menjalankan tugasnya. Mulai dari antar-jemput keluarga hingga membantu dalam situasi darurat, yang mencerminkan kualitas layanan Gojek yang dapat diandalkan di berbagai kondisi. Makna konotasi pada iklan ini yakni nilai-nilai emosional seperti dedikasi, tanggung jawab, empati, amanah, integritas dalam pekerjaan, menjaga keamanan dan kenyaman serta inklusivitas. Makna mitos dalam iklan yakni mengangkat ide-ide sosial tentang amanah dan pelayanan publik yang dipercaya dan penuh empati dengan nilai-nilai kemanusiaan yang mendalam dan responsive terhadap keberagaman kebutuhan pengguna. Serta pesan moral dari iklan ini yakni nilai-nilai moral berupa tanggung jawab, kepedulian sosial, dan komitmen pada pekerjaan serta inklusivitas menunjukkan bahwa keberhasilan tidak hanya bergantung pada kualitas layanan tetapi juga pada nilai-nilai luhur yang dipraktikan dalam menjalankan tugas sehari-hari
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Asna Istya Martwantika |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 01:42 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 01:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31537 |
Actions (login required)
View Item |