Zubaidah, Zubaidah (2024) Implementasi Program Muroqobah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200438_ZUBAIDAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Zubaidah 2024. Implementasi Program Muroqobah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Heriyudanta, M. Pd. I
Kata kunci: Implementasi, Meningkatkan, Pondok Pesantren
Program muroqobah adalah entitas tersendiri dalam proses pembelajaran dan meningkatkan bacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Hasan, namun yang menjadi permasalahannya adalah santri yang mengalami kesulitan dalam proses membaca Al-Qur’an. Aspek lain yang menarik proses, bentuk keberadaan dan faktor yang mempengaruhi kegiatan muroqobah dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi program muroqobah dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an pada santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan program muroqobah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, (3) untuk menejelaskan bagaimana hasil dari implementasi program muroqobah dalam meningkatkan kemempuan membaca Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Hasan.
Penelitian ini mengunakan program kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dengan ustadzah pembimbing kegiatan Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Hasan, pengurus kegiatan Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Hasan dan santri Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Hasan. Sedangkan teknik analisis mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program muroqobah dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an pada santri putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yaitu dalam kegiatan muroqobah santri diberikan bimbingan agar ketika mengaji ustadzah bisa lancar dan tidak susah dalam melafalkan lafadz ayat Al-Qur’an. (2) Faktor pendukung dari program muroqobah yaitu pengasuh pondok, pengurus bidang pendidikan, santri, dan ustadzah yang dimana ustadzah memiliki wewenang tertinggi di dalam kegiatan muroqobah untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Faktor penghambat yang dihadapi oleh ustadzah dalam implementasi muroqobah pada santri putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yaitu kurangnya kesadaran diri, kurangnya motivasi dan kurangnya kedisiplinan maka dari itu, banyaknya santri yang tidak fokus terhadap kegiatan muroqobah, dan beberapa santri mengalami kesulitan dalam mempertahankan konsentrasi mereka saat melaksanakan kegitan muroqobah. (3) Hasil dari kegiatan muroqobah memberikan dampak yang begitu segnifikan terhadap santri yang awalnya masih ada yang mengalami kesulitan kini bisa menghasilakn hasil yang ingin diinginkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Heriyudanta |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 01:32 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 01:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31528 |
Actions (login required)
View Item |