Khusna, Kumil Alfia (2024) ..(SILAHKAN TAMBAHKAN WATERMARK SAMPAI DAFTAR PUSTAKA DAN UPLOAD ULANG).. Analisis Media Quizizz sebagai Evaluasi pada Pembelajaran IPS Terpadu di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
NASKAH SKRIPSI FULL TEKS Finish.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media kertas dalam penilaian siswa sudah menjadi tradisi yang berlangsung lama. Namun, di era digital ini, metode tersebut perlu dikaji ulang karena memiliki beberapa kekurangan yang signifikan. Dengan hal tersebut guru memberikan inovasi evaluasi pembelajaran terbaru dengan menggunakan platform media quizizz sebagai evaluasi pembelajaran IPS Terpadu. Di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz telah diterapkan selama satu semester. Penggunaan media ini dilakukan dalam bentuk ulangan harian formatif. Kebijakan sekolah yang memperbolehkan siswa membawa HP ke sekolah dengan izin guru menjadi salah satu faktor pendukung penerapan quizizz.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan media quizizz sebagai evaluasi pembelajaran pada pembelajaran IPS Terpadu di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan, mengidentifikasi implikasi media quizizz sebagai evaluasi pembelajaran pada pembelajaran IPS Terpadu di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat media quizizz sebagai evaluasi pembelajaran IPS Terpadu di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek peneliti meliputi waka kesiswaan, guru IPS dan perwakilan sejumlah 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, trianggulasi sumber, tianggulasi teknik dan trianggulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Pelaksanaan media quizizz sebagai evaluasi pembelajaran IPS Terpadu di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan quizizz di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan membawa dampak positif dalam hal keadilan dalam evaluasi dan fleksibilitas evaluasi. Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran memiliki beberapa faktor pendukung utama, termasuk kemudahan penggunaan (user friendly), support sekolah, motivasi guru dan gawai atau sarana prasarana. Namun, ada juga beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami soal kuis dan koneksi internet yang kurang stabil. Untuk memastikan penerapan quizizz yang efektif di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan, penting untuk mengatasi hambatan-hambatan ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Siti Zazak Soraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 07:48 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31514 |
Actions (login required)
View Item |