Efektivitas Implementasi Integrated Marketing Communication Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Krian Untuk Meningkatkan Jumlah BSI Smart Agent.

Cahyani, Wahyu Putri (2022) Efektivitas Implementasi Integrated Marketing Communication Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Krian Untuk Meningkatkan Jumlah BSI Smart Agent. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180229_WAHYU PUTRI CAHYANI_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

BSI Smart Agent merupakan salah satu produk baru perbankan Syariah
yang memiliki urgensi sangat penting menjadi salah satu solusi instrumen inklusi
keuangan formal dimana sebagai langkah dalam perluasan layanan Bank Syariah
Indonesia terhadap masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan.
Namun Bank Syariah Indonesia belum banyak memiliki jumlah BSI Smart Agent,
salah satunya pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Krian.
Sehingga upaya peningkatan jumlah BSI Smart Agent perlu dilakukan oleh Bank
Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Krian dengan menggunakan strategi
komunikasi pemasaran yang efektif dan tepat.
Tujuan utama penelitian adalah untuk menganalisis implementasi
integrated marketing communication pada Bank Syariah Indonesia Kantor
Cabang Pembantu Krian untuk meningkatkan jumlah BSI Smart Agent. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data
dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi kepada
karyawan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Krian yang
memahami implementasi integrated marketing communication atau pemasaran
BSI Smart Agent.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia Kantor
Cabang Pembantu Krian sudah mengimplementasikan integrated marketing
communication namun belum secara maksimal. Dalam hal ini tidak semua elemen
integrated marketing communication diterapkan. Elemen integrated marketing
communication yang diterapkan adalah iklan, hubungan masyarakat, penjualan
pribadi dan pemasaran langsung. Sedangkan elemen integrated marketing
communication yang sering digunakan adalah penjualan pribadi dan pemasaran
langsung, dan elemen integrated marketing communication yang belum
digunakan adalah promosi penjualan. Dalam penerapan integrated marketing
communication terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan
integrated marketing communication pada Bank Syariah Indonesia Kantor
Cabang Pembantu Krian Sidoarjo, yaitu: untuk meningkatkan jumlah BSI Smart
Agent, sebagai strategi komunikasi pemasaran produk baru, dan kondisi sosial
ekonomi masyarakat Krian. Dampak dari penerapan integrated marketing
communication mengalami peningkatan jumlah BSI Smart Agent, dari bulan April
hingga Oktober sebanyak 19 BSI Smart Agent, hal tersebut dapat dikatakan
efektif. Namun Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Krian Sidoarjo
perlu untuk terus meningkatkan upaya peningkatan jumlah BSI Smart Agent,
karena Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Krian memiliki nasabah
dan calon nasabah yang berpotensi tinggi dapat menjadi BSI Smart Agent

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 09 Dec 2024 06:44
Last Modified: 09 Dec 2024 06:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31505

Actions (login required)

View Item View Item