Aprilia, Lenny Dwi (2022) Strategi Pemasaran Produk dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ambulu Jember. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180165_LENNY DWI APRILIA_Perbankan Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya upaya pemasaran produk
yang sudah dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu Jember, akan
tetapi belum mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan jumlah
nasabah cicil emas. Tujuan penelitian ini menganalisis strategi pemasaran yang
diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu Jember dan kendala yang
dihadapinya dalam melakukan pemasaran produk tersebut.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan melalui analisis
SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan dari cicil emas adalah
BSI memiliki produk cicil emas batangan yang berkualitas, harga tetap dari awal
dan angsuran tidak berubah, proses pembayaran yang mudah, persyaratan yang
mudah. Kelemahan dari produk cicil emas adalah tidak bisa membiayai emas
perhiasan, jangka waktu mengangsur paling singkat 2 tahun, uang muka tinggi
dan SDM yang kurang memadai. Peluang dari produk cicil emas adalah
kebutuhan masyarakat terhadap nilai investasi yang menguntungkan dimasa akan
datang dan penduduk sekitar BSI mayoritas beragama islam. Ancaman dari
produk cicil emas adalah terdapat beberapa lembaga keuangan yang menjadi
kompetitor yang mempunyai produk pembelian emas dengan cara dicicil dan
turunnya harga emas dipasaran. Adapun strategi pemasaran produk dalam
meningkatkan jumlah nasabah cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Ambulu
Jember berdasarkan analisis SWOT adalah strategi SO (Strength Opportunity)
yang meliputi memperkuat brand image kepada masyarakat bahwa produk cicil
emas adalah kebutuhan masyarakat, melakukan kerjasama dengan instansi lain
untuk memasarkan produk cicil emas dan memperkenalkan keunggulan-
keunggulan yang dimiliki produk cicil emas kepada masyarakat. Kendala yang
dihadapi dalam melakukan pemasaran adalah kurangnya SDM karena tidak ada
marketing khusus yang menangani produk cicil emas, banyaknya kompetitor yang
menawarkan produk sama juga menjadi kendala bagi Bank Syariah Indonesia
KCP Ambulu Jember, naik turunnya harga emas dipasaran dan uang muka yang
harus dibayarkan terlalu tinggi, serta pengetahuan dan minat nasabah yang masih
rendah terhadap produk cicil emas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ajeng Wahyuni |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:35 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31461 |
Actions (login required)
View Item |