Arzaq, Vikri Nailul (2024) Komunikasi Interpersonal Ustadz Dan Santri Dalam Pembelajaran Al Qur'an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi Vikri Nailul Arzaq KPI BB.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Arzaq, Vikri Nailul. 2024 Komunikasi Interpersonal Ustadz dan Santri Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfidul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Anwar Mujahidin, M.A.
Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, Ustadz, Santri, Pembelajaran Al-Qur’an, Pondok Pesantren
Pembelajaran Al Qur’an di pondok pesantren menggunakan model sorogan yakni santri menghadap ustadz satu-persatu untuk disimakan bacaan Al-Qur’annya. Ustadz akan mendengarkan, memberikan koreksi jika ada kesalahan dalam membaca, tajwid, atau makharijul huruf. Proses pembelajaran terjadi komunikasi antar ustadz dan santri dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk membangun semangat dan meningkatkan bacaan santri. Ustadz memiliki tantangan lebih kompleks dalam menyampaikan pesan. Sehingga diperlukan komunikasi yang efektivitas agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuan pembelajaran Al Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi interpersonal ustadz dalam menyampaikan pesan kepada santri dan mengetahui efektivitas komunikasi yang digunakan ustadz dalam meningkatkan pemahaman dan kualitas pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian meliputi ustadz dan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. Hasil perolehan data dilakukan analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk komunikasi interpersonal ustadz dan santri dalam pembelajaran Al Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo meliputi tiga bentuk komunikasi yakni verbal, non verbal, dan diadik. Kombinasi antara komunikasi verbal, non verbal dan diadik menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi para santri. Komunikasi interpersonal yang efektif antara ustadz dan santri menjadi elemen penting dalam meningkatkan motivasi dan kualitas bacaan Al Qur’an di pesantren. Dengan adanya motivasi yang tinggi, santri lebih tekun dan bersemangat dalam belajar Al Qur’an, serta lebih mudah mengatasi tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran Al Qur’an. hal ini pada akhirnya akan berdampak positif pada kualitas pemahaman dan bacaan Al Qur’an santri, serta menciptakan budaya belajar yang produktif di pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anwar Mujahidin |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 02:26 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 02:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31444 |
Actions (login required)
View Item |