Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru (Studi Kasus di Madin Al-Hidayah Nglayang Jenangan Ponorogo).

Maghfiroh, Eva Lailatul (2024) Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru (Studi Kasus di Madin Al-Hidayah Nglayang Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

[img]
Preview
Other (Skripsi/Thesis)
206180089_Eva Lailatul Maghfiroh_ MPI.pdf - Other
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maghfiroh, Eva Lailatul. Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru (Studi Kasus di Madin Al-Hidayah Nglayang Jenangan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Motivasi, Kedisiplinan Guru
Kepala madrasah merupakan seseorang yang diberi tugas untuk memimpin suatu madrasah dimana didalam madrasah diselenggarakan proses belajar mengajar, dalam hal ini kepala madrasah berperan sebagai motivator yang mampu mendorong dan memotivasi guru-guru agar tercipta suasana dan kondisi belajar yang efektif, untuk itu kepala madrasah dituntut agar dapat mempengaruhi guru agar dapat disiplin dalam menajalankan tugasnya.
Penelitian ini bertujuan: pertama, Mendeskripsikan bentuk motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Madin Al-Hidayah, Nglayang, Jenangan, Ponorogo. Kedua, memaparkan keberhasilan motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Madin Al-Hidayah, Nglayang, Jenangan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, pengukuran peningkatan keberhasilan itu dapat kita lihat dari indikator yang digunakan yaitu pertama bentuk motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di madrasah, hal ini sudah sesuai dengan indikator yang digunakan kepala madrasah yaitu: (a) pengaturan lingkungan fisik dapat kita lihat dari sarpas atau fasilitas yang digunakan seperti ruang belajar,(b) pengaturan suasana kerja hal ini dapat kita lihat dari lingkungan yang bersih, kelas yang bersih dan rapi, (c) dalam melaksanakan kedisiplinan terkadang guru masih ada yang terlambat datang ke madrasah, (d) dalam hal ini kepala sekolah selalu memberi motivasi atau dorongan untuk para guru agar tetep semangat dalam mengajar, dan dapat lebih disiplin, (e) kepala madrasah biasanya memberikan penghargaan kepada guru yang disiplin dengan cara memberikan bonus kepada guru tersebut, (f) untuk penyediaan sumber belajar, anak-anak akan dibagikan buku pelajaran setiap akan naik kelas. Yang kedua tentang tingkat ketepatan waktu yaitu: (1) Tingkat ketepatan waktu seperti disiplin pada jam kehadiran di Madrasah. (2) Disiplin saat jam pelajaran, semua guru berada di dalam kelas tepat pada waktunya sehingga anak-anak dapat belajar dengan efektif. (3) Disiplin pada saat jam pulang kerja, semua guru pulang pada pukul 17.00 dan sebelum pulang para guru memastikan jika tidak ada murid yang masih ada di dalam kelas maupun lingkungan madrasah.
(4) tingkat penyelesaian pekerjaan, guru hadir tepat pada waktunya dan pelajaran dapat selesai tepat pada waktunya. (5) Ketaatan pada peraturan madrasah, datang tepat pada waktunya, pulang tepat pada waktu yang telah ditentukan, mengikuti sholat asar berjamaah, dan tidak ada kelas yang kosong akibat guru berhalangan hadir dan tidak memberikabar. (6) ketaatan pada pakaian dinas atau atribut, para guru harus menggunakan pakaian yang sopan, rapi dan menutup aurat sehingga dapat dicontoh anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2024 01:57
Last Modified: 09 Dec 2024 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31415

Actions (login required)

View Item View Item