Rohmah, Ihda Lutfiatur (2024) Pendidikan Multikultural dalam Film Freedom Writers Sebagai Inovasi Pengembangan Sekolah Kebhinekaan di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206190090_IHDA LUTFIATUR ROHMAH_MPI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Rohmah, Ihda Lutfiatur. 2024. Pendidikan Multikultural dalam Film Freedom Writers Sebagai Inovasi Pengembangan Sekolah Kebhinekaan di Indonesia. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Film Freedom Writers
Pendidikan multikultural penting diinternalisasikan di Indonesia untuk mencegah konflik keberagaman dan meningkatkan apresiasi terhadap pluralitas yang dimiliki bangsa ini. Dalam menentukan strateginya, diperlukan ide-ide taktis dari sumber kajian yang kredibel. Salah satunya karya sastra seperti film Freedom Writers. Film ini memuat banyak aspek-aspek pendidikan multikultural yang dapat dijadikan bahan kajian dalam mempelajari strategi penerapan pendidikan multikultural yang ideal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Freedom Writers. (2) untuk mengetahui bentuk-bentuk implementasi pendidikan multikultural yang terkandung dalam film Freedom Writers (3) untuk mengetahui inovasi pengembangan sekolah kebhinekaan di Indonesia berbasis pendidikan multikultural dalam film Freedom Writers (4) untuk mengetahui relevansi pendidikan multikultural yang terkandung dalam film Freedom Writers dengan pengelolaan pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian kepustakaan (library research). Dengan teknik analisis berupa teknik analisis isi. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yang berasal dari film Freedom Writers dan data sekunder yang berasal dari dokumen, buku, dan artikel yang berkaitan dengan topik bahasan dalam penelitian.
Temuan penelitian ini: (1) Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Freedom Writers meliputi: nilai keragaman, toleransi, keadilan, kesetaraan, demokratis, humanisme, dan gotong royong. (2) Bentuk penerapan pendidikan multikultural dalam film Freedom Writers meliputi: content integration, knowledge construction, prejudice reduction, equity pedagogy, dan empowering school culture and social structure (3) Bentuk inovasi pengembangan sekolah kebhinekaan di Indonesia berbasis pendidikan multikultural dalam film Freedom Writers meliputi: a) content integration dengan manajemen pembelajaran berbasis multikultural; b) knowledge construction dengan penerapan sistem pembelajaran bermakna; c) prejudice reduction dengan pengelolaan konflik prasangka berbasis pendidikan multikultural; d) equity pedagogy dengan pengelolaan kelas multikultural; e) empowering school culture and social structure dengan manajemen sekolah berbasis multikultural. (4) relevansi pendidikan multikultural yang terkandung dalam film Freedom Writers dengan pengelolaan pendidikan Islam meliputi: Belajar hidup dalam perbedaan, membangun tiga aspek mutual (mutual trust, mutual understanding, mutual respect), karakteristik terbuka dalam berpikir, karakteristik apresiasi dan interdependensi, resolusi konflik dan rekonsiliasi nirkekerasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Sulton |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 01:46 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 01:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31408 |
Actions (login required)
View Item |