.(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Minat Voice Over (Penelitian Pada Komunitas Badass Voice Over)

Wenny, Putri Mega Mustika (2024) .(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Minat Voice Over (Penelitian Pada Komunitas Badass Voice Over). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
putri skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan media komunikasi terutama media online membuat
komunikasi semakin mudah untuk dilakukan dari berbagai wilayah tanpa harus
bertatap muka. Banyak orang menggunakan media online untuk menambah atau
menemukan relasi melalui komunitas yang sesuai dengan kebutuhan individu.
Tidak jarang banyak komunitas yang ada namun tidak memiliki tujuan yang jelas
untuk para anggotanya. Berbeda dengan komunitas online lainnya, komunitas
Badass Voice Over memiliki tujuan dan visi misi bagi anggota komunitasnya.
Penelitian akan membahas mengenai strategi komunikasi yang digunakan
komunitas Badass Voice Over dalam meningkatkan minat voice over anggotanya.
Rumusan masalah yang diambil adalah 1) bagaimana strategi komunikasi
yang dilakukan komunitas Badass Voice Over dalam meningkatkan minat voice
over anggotanya, 2) apa saja bentuk kegiatan yang dilakukan komunitas Badass
Voice Over dalam meningkatkan minat voice over anggotanya, 3) apa saja faktor
penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh komunitas Badass Voice Over
dalam meningkatkan minat voice over anggotanya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi pada komunitas Badass
Voice Over.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) strategi komunikasi yang digunakan
komunitas Badass Voice Over dalam meningkatkan minat voice over anggotanya
adalah menciptakan program-program yang beragam yakni BVO Community, BVO
Academy, BVO Online Classes, BVO Podcast. selain itu, Sherly juga melibatkan
semua anggota untuk berperan secara aktif melalui divisi yang ada serta
menerapkan aturan atau SOP yakni 1x24 jam untuk konfimasi, melakukan
mobilisasi para anggota melalui grup Whatsapp Info BVO Community. 2)
Komunitas Badass Voice Over memiliki program yang beragam mulai dari reguler
yang diperuntukan untuk anggota saja yakni BVO Community dan BVO Podcast
serta program intensif yang diperuntukkan untuk umum yakni BVO Academy, BVO
Online Classes. 3) Faktor penghambat yang dihadapi komunitas Badasss Voice
Over berupa keaktifan anggota komunitas yang dipicu oleh kesibukan masing�masing, teknis atau peralatan yang tidak memadai, dan waktu dari anggota
komunitas yang berbenturan dengan kesibukan lainnya. Sedangkan faktor
pendukungnya adalah strategi komunikasi yang digunakan komunitas Badass
Voice Over berupa program yang beragam, pemberlakuan SOP dan mobilisasi
anggota melalui grup Whatsapp. Media komunikasi yang digunakan yaitu online
dan motivasi internal dari para anggotanya untuk belajar voice over.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rizqi Akbarani
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2024 01:45
Last Modified: 09 Dec 2024 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31406

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item