Wiwidiyananingtiyas, Ella (2024) Analis Pemanfaatan Lingkungan Pegunungan Desa Kepel sebagai Sumber Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Al-Falah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200096_EllaWiwidiyananingtiyas_TIPS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Wiwidiyananingtiyas, Ella 2024. Analisis Pemanfaatan Lingkungan
Pegunungan Desa Kepel Madiun sebagai Sumber Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Al-Falah. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Nastiti Mufidah, M.Pd,
Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar, IPS.
Pemanfaatan lingkungan adalah proses di mana individu memanfaatkan keaneragaman alam, budaya, sosial sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan adanya keterbatasan sumber belajar di MTs Al-Falah Kepel, sekolah tersebut memanfaatkan lingkungan desa yang kaya akan alam dan kearifan lokal sebagai sumber belajar IPS. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mendukung siswa untuk proses pembelajaran IPS. Dengan mengintegrasikan sumber daya lokal, siswa dapat belajar secara konstektual dan relavan., sehingga meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka dalam materi Pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pemanfaatan lingkungan pegunungan Desa Kepel sebagai sumber belajar IPSsiswa kelas VII MTs Al-Falah; (2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi siswa kelas VII MTs Al-Falah dalam memanfaatkan lingkungan desa maju pegunungan sebagai sumber belajar IPS ; (3) implikasi lingkungan pegunungan Desa Kepel sebagai sumber belajar IPS pada siswa kelas VII MTs Al-Falah Kepel.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu mengamati peristiwa yang terjadi dalam situasi lingkungan sosial dengan data yang disusun dalam bentuk deskriptif. Adapun objek penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan pegunungan sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model Analisa Miles,Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data, kodensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. keabsahan data menggunakan tringulasi sumber, Teknik dan pemanfaatan sumber referensi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) pemanfaatan lingkungan pegunungan sebagai sumber belajar siswa kelas VII MTs Al-Falah. (2) faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi siswa kelas VII MTs Al-Falah Kepel dalam memanfaatkan ligkungan sebagai sumber belajar (3) Siswa merasakan dampak positif dari pembelajaran yang mengintegrasikan lingkungan pegunungan yaitu melalui kegiatan observasi langsung di lingkungan pegunungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nastiti Mufidah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 01:24 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 01:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31365 |
Actions (login required)
View Item |