Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong

Ashikin, Farah Nor (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
FARAH NOR ASHIKIN 207180081 SKRIPSI DUMMY (1).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FARAH NOR ASHIKIN 207180081 SKRIPSI DUMMY (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik di salah satu madrasah tsanawiyah di Ponorogo sebesar 42 yang dikategorikan rendah. Pekembangan dimasa sekarang ini menuntut setiap individu untuk mempunyai skill, salah satu skill tersebut ialah kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut sejalan dengan pelaksanaan kurikulum K13 yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam meningkatkan keahlian peserta didik untuk menyongsong perkembangan abad-21 yang menonjolkan kemampuan seperti berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi yang baik dan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui aktivitas peserta didik selama menerapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan metode pictorial riddle, 2) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan metode pictorial riddle, 3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran guided inquiry berbantuan metode pictorial riddle terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan design penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong dengan sampel 2 kelas yang terbagi menjadi kelas eksperimen yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas kontrol yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji N-Gain.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa 1) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan metode pictorial riddle berlangsung dengan sangat baik sesuai dengan tahap model pembelajaran, 2) Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan metode pictorial riddle sudah terlaksana dengan sangat baik, 3) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan metode pictorial riddle lebih baik dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 06 Dec 2024 08:19
Last Modified: 06 Dec 2024 08:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31362

Actions (login required)

View Item View Item