Pambudi, Dyah Ayu Shinta (2022) Strategi Pemasaran BSI Mobile Dalam Menghadapi Pesaing Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun S. Parman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180132_DYAH AYU SHINTA P_PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Beberapa nasabah Bank Syariah Indoneisa KC Madiun S. Parman tidak
menggunakan aplikasi BSI mobile karena sudah menggunakan aplikasi digital
dari bank lain. Sedangkan pada produk jasa layanan digital BSI mobile memiliki
fitur yang cukup lengkap daripada aplikasi layanan digital di bank lain yaitu selain
mempermudah transaksi, transfer, dan pembayaran, BSI mobile juga memiliki
fitur berbagi ziswaf dan fitur layanan islami. Dalam hal ini Bank Syariah
Indonesia KC Madiun S. Parman harus memiliki strategi pemasaran yang
digunakan untuk menghadapi pesaing produk jasa layanan digital BSI mobile di
Kota Madiun.
Adapun penelitian ini merupakan penelitian strategi pemasaran dengan
jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif.
Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan
wawancara.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran BSI
mobile yang digunakan Bank Syariah Indonesia KC Madiun S. Parman dalam
menghadapi pesaing meliputi, Pertama, segmentasi pasar yaitu segmentasi
geografik meliputi wilayah, segmentasi demografik meliputi umur, segmentasi
psikografik meliputi gaya hidup dan segmentasi perilaku meliputi kegunaan dan
tanggapan terhadap suatu produk. Kedua, target pasar sasaran BSI mobile yaitu
semua kalangan dari menengah keatas maupun menengah kebawah yang memiliki
rekening tabungan di Bank Syariah Indonesia KC Madiun S. Parman. Dalam
menentukan target pasar sasaran customer service memberikan informasi kepada
para nasabah tentang keunggulan aplikasi BSI mobile. Selain itu dalam
menghadapi situasi persaingan, BSI mobile merupakan aplikasi digital yang
memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap sehingga hal ini mempengaruhi daya tarik
nasabah dan masyarakat untuk menggunakan aplikasi BSI mobile. Ketiga, posisi
pasar BSI mobile yang pertama mengenali perbedaan antara produk BSI mobile
dengan produk digital di bank lain. Yang kedua, memilih keunggulan fitur BSI
mobile yang paling kuat dengan menonjolkan perbedaan. Yang ketiga,
menyampaikan keunggulan produk BSI mobile kepada nasabah dan masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Setya Nugrahini |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:50 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31350 |
Actions (login required)
View Item |