Prastiwi, Ernawati Dian (2022) strategi promosi BSI dalam meningkatkan loyalitas nasabah melalui bsi mobile di bank syariah indonesia kantor cabang madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180137_Ernawati Dian Prastiwi_Perbankan Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yang mulai berkembang
dengan pesat dewasa ini yang diantaranya dapat memberikan manfaat kepada
semua pihak, tidak lupa pada sektor perbankan maupun perbankan syariah serta
dapat meningkatkan loyalitas nasabah dari penggunanya, yaitu adalah teknologi
Mobile banking. Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu
Bagaimana strategi promosi BSI dalam meningkatkan loyalitas nasabah melalui
bsi Mobile di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun dan Bagaimana
dampak dari pelaksanaan strategi promosi bsi dalam meningkatkan loyalitas
nasabah melalui BSI Mobile di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi BSI dalam
meningkatkan loyalitas nasabah melalui BSI Mobile di Bank Syariah Indonesia
KC Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif yaitu teknik analisis deskriptif dengan sumber data yang diperoleh dari
observasi dan wawancara. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer yang
diperoleh dari lokasi penelitian, yaitu Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang
Madiun dengan mewawancarai pegawai yang ditunjuk oleh pihak bank yang
mengetahui bentuk teknologi internet banking untuk meningkatkan loyalitas
nasabah. Dokumentasi pada wawancara menjadi pendukung dan pelengkap dari
hasil wawancara oleh peneliti.
Hasil penelitian yang diperoleh (1) Fitur teknologi internet banking pada
PT Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun, yaitu fitur layanan perbankan
melalui BSI Mobile Banking yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan nasabah, antara lain transaksi non finansial (informasi saldo, mutasi rekening
tabungan, nisbah pada produk tabungan bank, perubahan PIN, perubahan nomor
ponsel, aktivasi e-Token BSI), dan transaksi finansial (transfer antar rekening,
kliring/SKN, Real Time Gross Settlement/RTGS, pembayaran tagihan (TELKOM,
ponsel, PLN, Internet), dan pembayaran pembelian (listrik, ponsel, tiket). (2)
strategi promosi dari penggunaan fitur teknologi internet banking dan upaya
meminimalisir risiko penggunaan teknologi internet banking untuk meningkatkan
loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun, yaitu
Implementasi BSI Mobile yang dapat digunakan oleh seseorang yang ahli IT atau
seorang pengusaha yang dimana dapat mendorong pertumbuhan pada BSI sendiri.
Dengan begitu, nasabah tidak perlu datang ke kantor dan mengantri lama untuk
keperluannya. Dengan seiring berjalannya waktu, loyalitas nasabah semakin
meningkat di BSI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ratna Yunita |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31346 |
Actions (login required)
View Item |