Mawarni, Nap Bela Awi (2022) Pengaruh Fitur dan Biaya Administrasi Terhadap Kepuasan Pengguna Bank Syariah Indonesia Mobile. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180178_NAP BELA AWI MAWARNI_PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan dapat didefinisikan sebagai sebagai evaluasi purnabeli dimana
alternatif yang dipilih sekurang- kurangnya memberikan hasil sama atau melampaui
harapan pelanggan, ketidakpuasan timbul apabila hasil yang diperoleh tidak
memenuhi harapan pelanggan, selain dipengaruhi oleh kualitas jasa, kepuasan juga
ditentukan oleh kualitas produk, harga, dan faktor lain yang bersifat situasi sesaat
dan bersifat pribadi. Fitur yang memiliki kualitas tinggi maka timbul kepuasan
tinggi dan sebaliknya, biaya terjangkau maka kepuasan akan tinggi dan sebaliknya.
Melihat kondisi lapangan, pengguna Bank Syariah Indonesia Mobile
mengemukakan fitur Bank Syariah Indonesia Mobile kurang lengkap dan biaya
administrasi tinggi, akan tetapi mereka mengakui tetap merasakan kepuasan yang
tinggi dalam memanfaatkan aplikasi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur dan biaya administrasi
terhadap kepuasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo Angkatan tahun 2018 sebagai
pengguna Bank Syariah Indonesia Mobile. Metode penelitian yang dilakukan
adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan perhitungan rumus
pendekatan Isac Michel. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Teknik
analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana,
analisis regresi linier berganda, uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan fitur berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna Bank Syariah Indonesia Mobile dengan hasil nilai
thitung > ttabel yaitu 4,371 > 1,986. Biaya administrasi berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna Bank Syariah Indonesia Mobile dengan hasil nilai
thitung > ttabel yaitu 3,580 > 1,986. Secara simultan fitur dan biaya administrasi
berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pengguna Bank Syariah
Indonesia Mobile dengan ditunjukkan hasil perhitungan nilai signifikasi 0,000 lebih
kecil dari 0,05. Hasil nilai dari koefisien determinasi R (R Square) sebesar 0,447
jadi variabel bebas mampu mempengaruhi variabel terikat 44,7% dan sisanya
55,3% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain seperti kualitas layanan, faktor
emosional, kemudahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yunaita Rahmawati |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:36 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31340 |
Actions (login required)
View Item |