Efektivitas Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Sosioscientific Issue Terhadap Peningkatan Kemampuan Argumentasi di SMPN 1 Balong

Iqbal, Muhammad (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Sosioscientific Issue Terhadap Peningkatan Kemampuan Argumentasi di SMPN 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IQBAL 207180098 TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Argumentasi merupakan salah satu pengembangan keterampilan di abad 21 ini. Kemampuan Argumentasi peserta didik di salah satu kelas VII di SMP Negeri 1 Balong didapati belum memenunuhi KKM. Hal tersebut bisa berasal dari berbagai faktor seperti salah satunya belum tepatnya model yang digunakan. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang beroirentasi pada pembentukan argumen. Demi mencapai tujuan tersebut, salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Sosioscientific Issue.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Sosioscientific Issue (2) Mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Sosioscientific Issue (3) Mengetahui bagaimana efektivitas Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbasis Sosioscientific Issue terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VII di SMPN 1 Balong.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan menggunakan desain Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Balong. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII C sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan soal tes kemampuan argumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji validasi ahli, Uji validitas dan Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji N-Gain, Uji Two-Tailed, Uji One-Tailed, Uji Linearitas, Uji Ancova.
Berdasarkan hasil penelitian, pada keterlaksanaan pembelajaran, guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran yang diterapkan dan hasil dari setiap pertemuan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, pada aktivitas peserta didik, kegiatan pembelajaran sudah berpusat pada peserta didik dan mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sehingga peserta didik mampu untuk memahami materi yang diajarkan dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan kemampuan argumentasi peserta didik dengan yang model pembelajaran Argument-Driven Inquiry berbasis Sosioscientific Issue (eksperimen) dengan yang menggunakan model non ADI (kontrol) di SMP Negeri 1 Balong. Berdasarkan hasil uji, model pembelajaran Argument-Driven Inquiry berbasis Sosioscientific Issue lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik dibandingkan dengan model non ADI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 06 Dec 2024 07:34
Last Modified: 06 Dec 2024 07:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31338

Actions (login required)

View Item View Item