Strategi Promosi Produk Financing Untuk Meningkatkan Minat Pelaku Usaha Mikro Dalam Mengambil Fasilitas Pembiayaan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Nugroho, Wisnu Aji (2022) Strategi Promosi Produk Financing Untuk Meningkatkan Minat Pelaku Usaha Mikro Dalam Mengambil Fasilitas Pembiayaan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180106_Wisnu Aji Nugroho_Perbankan Syariah.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo sebagai salah satu Lembaga
Keuangan Syariah yang mempunyai tugas penting dalam menyalurkan pembiayaan
kepada nasabah. Salah satu pembiayaan yakni Pembiayaan Usaha Mikro.
Pembiayaan ini telah ada sejak tahun 2019, pembiayaan usaha mikro menyediakan
berbagai kemudahan kepada nasabah seperti pembiayaan tanpa jaminan, pencairan
cepat, dan juga mekanisme yang mudah, promosi yang dijalankan bank sudah baik,
akan tetapi jumlah peningkatan nasabah sampai saat ini sangat sedikit.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi
promosi produk financing untuk pelaku usaha mikro, mengetahui kendala dan
penyelesaian saat melaksanakan strategi promosi produk financing untuk pelaku
usaha mikro, serta untuk mengetahui dampak strategi promosi produk financing
dalam meningkatkan minat pelaku usaha mikro. Peneliti menggunakan metode field
research, dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang
digunakan peneliti yaitu wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian
beralamatkan Jl. Sultan Agung No.47,Bangunsari, Nologaten, Kec. Ponorogo,
Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63419.
Dari penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan Strategi
promosi telah dilaksanakan BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo masih belum
sesuai dengan teori strategi promosi karena BPRS tidak menggunakan promosi
melalui publisitas. Kendala promosi yang terjadi di BPRS Mitra Mentari Sejahtera
sesuai dengan teori dimana dibuktikan bahwa kendala promosi yang terjadi
meliputi kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) pemasaran yang kompeten maka
penyelesaian dengan training, kurangnya pemahaman nasabah mengenai sistem
perbankan syariah maka penyelesaian dengan sering diadakan sosialisasi dan
edukasi, Persaingan antar bank konvensional maupun bank syariah maka
penyelesaian dengan cara memberikan harga yang bersaing dan diskon kepada
nasabah. Dampak strategi promosi yang telah dijalankan BPRS Mitra Mentari
Sejahtera Ponorogo telah sesuai dengan teori promosi. Hal tersebut dibuktikan
bahwa dengan adanya promosi yang dilaksanakan oleh BPRS Mitra Mentari
Sejahtera Ponorogo membuat nasabah meningkat walau hanya sedikit serta BPRS
semakin dikenal luas oleh masyarakat di kabupaten Ponorogo

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 06 Dec 2024 07:33
Last Modified: 06 Dec 2024 07:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31337

Actions (login required)

View Item View Item