Al-Labibah, Nadilah Yoesima (2022) Pengaruh Promosi dan Referensi Terhadap Pengetahuan Masyarakat Magetan Tentang Perbankan Syariah dengan Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180178_NAP BELA AWI MAWARNI_PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengetahuan adalah suatu istilah yang digunakan untuk menuturkan apabila
seseorang mengenal sesuatu. Pengetahuan terdiri atas unsur mengetahui dan
diketahui serta adanya kesadaran untuk mengetahuinya. Promosi merupakan cara
yang dilakukan suatu perusahaan dalam mengenalkan produknya ke pasar secara
luas. Kelompok referensi dijadikan sebagai titik perbandingan dan sumber
informasi bagi seorang individu. Semakin tinggi tingkat pengetahuan seseorang,
maka akan mudah untuk menerima informasi tentang obyek atau yang berkaitan
dengan pengetahuan. Dengan melalui pendidikan manusia akan mengetahui dan
menguasai apa yang belum diketahui sebelumnya. Dengan melihat kondisi
dilapangan, masyarakat hanya sekedar tahu dan tidak mengetahui secara
mendetail tentang Bank Syariah. Hal ini ditunjukan dengan diberikannya beberapa
pertanyaan sederhana tentang Bank Syariah. Beberapa masyarakat masih enggan
menggunakan Bank Syariah dikarenakan tidak memiliki perbedaan, begitu pula
produk perbankan syariah atau konvensional sama saja mulai dari tabungan dan
deposito.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan referensi
terhadap pengetahuan masyarakat Magetan tentang perbankan syariah dengan
pendidikan sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan perhitungan rumus Slovin.
Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data dilakukan
dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji regresi moderasi, uji
hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi berpengaruh
signifikan terhadap pengetahuan masyarakat Magetan tentang perbankan syariah
dengan hasil nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 4,418 >
1,985. Referensi berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan masyarakat
Magetan tentang perbankan syariah dengan hasil nilai signifikan sebesar 0,002 <
0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,164 > 1,985. Promosi terhadap pengetahuan
masyarakat Magetan tentang perbankan syariah dengan pendidikan sebagai
variabel moderasi dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,005 menunjukan
bahwa pendidikan dapan memoderasi variabel promosi terhadap pengetahuan.
Referensi terhadap pengetahuan masyarakat Magetan tentang perbankan syariah
dengan pendidikan sebagai variabel moderasi dengan nilai signifikan sebesar
0,021 > 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan tidak
mampu memoderasi pengaruh variabel referensi terhadap pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Aji Damanuri |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:23 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31326 |
Actions (login required)
View Item |