Strategi Edukasi Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat.

Qonah, Shufiah Afwu (2022) Strategi Edukasi Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180087_SHUFIAH AFWU QONAH_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat literasi keuangan syariah masyarakat Sragen masih rendah sekitar
11,78% dibandingkan dengan tingkat literasi keuangan nasional yaitu 38,03%. Oleh
karena itu, perlu untuk melakukan kegiatan edukasi dalam rangka meningkatkan
literasi masyarakat. Pemilihan strategi edukasi yang tepat sangat penting agar
mencapai target yang diinginkan. OJK telah mengeluarkan surat edaran dalam
upaya peningkatan literasi keuangan masyarakat yaitu Surat Edaran Otoritas Jasa
Keuangan Nomor 30/SEOJK.07/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan dalam Rangka
Meningkatkan Literasi di Sektor Jasa Keuangan. Kegiatan tersebut dapat dikatakan
berhasil ketika dilaksanakan dan dievaluasi tingkat literasi masyarakat setelah
mendapat kegiatan edukasi. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu
Syariah Sragen telah melaksanakan kegiatan edukasi dan pengembangan
infrastruktur sebagaimana yang ada di SEOJK Nomor 30 Tahun 2017 tersebut.
Namun, tingkat literasi masyarakat masih rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
field research (penelitian lapangan). Metode analisis deduktif dengan teknik
pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa strategi edukasi yang dilaksanakan BTN KCPS Sragen
menggunakan acuan Standard Operating Procedure (SOP) dan jobdesk masing-
masing posisi pekerjaan. Namun, BTN KCPS Sragen telah melaksanakan kegiatan
edukasi yang ada di dalam SE OJK tersebut yaitu sosialisasi, workshop, konsultasi,
Training of Community (ToC), simulasi, dan kegiatan lainnya berupa pameran
produk. Serta melakukan kegiatan pengembangan insfrastruktur sebagaimana
dalam SE OJK yaitu Training of Facilitator (ToF) serta pembangunan dan
pengembangan sarana teknologi infomasi dan komunikasi. Adapun strategi
dominan dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat yaitu sosialisasi dan
konsultasi. Dampak edukasi yang diberikan dapat meningkatkan literasi
masyarakat. Hal ini berdasarkan hasil data 6 dari 8 orang informan tegolong well
literate dan 2 orang lainnya tergolong dalam sufficient literate.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 06 Dec 2024 07:19
Last Modified: 06 Dec 2024 07:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item