Pengaruh Service Excellence dan Pendapatan terhadap Minat Menabung di Mini Bank IAIN Ponorogo

Aldinsah, Dadang Aji (2022) Pengaruh Service Excellence dan Pendapatan terhadap Minat Menabung di Mini Bank IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180124_Dadang Aji Aldinsah_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan rasa suka atau tertarik terhadap aktivitas atau sesuatu
tanpa adanya sebuah paksaan. Minat pada dasarnya penerimaan sebuah hubungan
antara diri sendiri dengan suatu hal di luar diri dimana semakin dekat atau
semakin kuat hubungan tersebut akan semakin besar minatnya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh service
excellence terhadap minat menabung di mini bank IAIN Ponorogo. 2) Pengaruh
pendapatan terhadap minat menabung di mini bank IAIN Ponorogo. 3) Pengaruh
service excellence dan pendapatan terhadap minat menabung di mini bank IAIN
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan data
primer. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dengan jumlah
sampel sebanyak 63 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu dengan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis
regresi linier berganda, hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Terdapat pengaruh
antara service excellence terhadap minat menabung di mini bank IAIN Ponorogo.
Uji t diperoleh hasil thitung sebesar 4.249 > 2.000 ttabel. Dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05 2). Tidak terdapat pengaruh antara pendapatan terhadap
minat menabung di mini bank IAIN Ponorogo. Uji t sebesar thitung sebesar -0.172
< 2.000 ttabel. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,864 > 0,05. 3) Terdapat pengaruh
secara simultan antara service excellence dan pendapatan terhadap minat
menabung di mini bank IAIN Ponorogo. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05. R square diperoleh sebesar 0,266. Yang artinya besarnya pengaruh variabel
service excellence dan pendapatan terhadap minat menabung adalah sebesar 0,266
atau 26,6% dan sisanya 73,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti pada
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 06 Dec 2024 07:18
Last Modified: 06 Dec 2024 07:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31323

Actions (login required)

View Item View Item