Perilaku Konsumsi Remaja Ponorogo di Era Digtal Sebagai Dampak Dari Penggunaan Media Sosial

Luddiana, Zulia (2024) Perilaku Konsumsi Remaja Ponorogo di Era Digtal Sebagai Dampak Dari Penggunaan Media Sosial. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
501220050_ZuliaLuddiana_MagisterEkonomiSyariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat menjadikan adanya perubahan sosial pada masyarakat. Pola hidup menjadi lebih konsumtif imbas dari banyaknya iklan media sosial yang menawarkan beragam produk. Perilaku konsumtif tersebut lebih berfokus pada nilai dan gengsi daripada memenuhi kebutuhan dasar atau kegunaan produk yang diperoleh dengan pembelian produk tersebut. Perubahan tersebut menjadi salah satu fenomena mendasar untuk terus mengalami perkembangan dinamis. Perilaku konsumtif yang melekat saat ini telah menunjukkan bahwa pola hidup masyarakat memasuki era modernisasi. Adanya perubahan pola konsumsi masyarakat setelah munculnya media sosial. Media sosial menawarkan konsumen berbagai kemudahan dalam pencarian informasi produk melalui berbagai sumber. Konsumen dapat membuat keputusan pembelian dengan informasi yang lebih baik. Setelah mengakses media sosial, adanya peningkatan konsumen dalam mencari tingkat kepuasan produk. Media sosial saat ini menjadi sumber informasi utama bagi konsumen yang memilih untuk mencari informasi suatu produk sebelum melakukan pembelian. Ketidakmampuan remaja untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan gaya hidup yang dikendalikan oleh keinginan untuk memuaskan keinginan sendiri akan kesenangan merupakan sifat kognitif yang sulit dikendalikan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulkan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teori perilaku konsumen serta faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut.
Penelitian bertujuan untuk melengkapi tulisan yang mengenai perilaku konsumen pada generasi muda sebagai dampak dari berkembangnya media sosial. Secara khusus penelitian ini mengidentifikasi pola konsumsi remaja era digital, kemudian faktor yang memepengaruhi pola konsumsi remaja tersebut serta dampak dari pola konsumsi remaja terhadap perilaku ekonomi era digitalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya remaja Kabupaten Ponorogo masih tergolong dapat melakukan keputusan konsumen dengan menggunakan media sosial dengan bijak. Meskipun preferensi membuka aplikasi online cukup tinggi dan masyarakat sudah melakukan pembelian melalui media sosial, tetapi kaum muda ini masih dapat tergolong rasional dalam melakukan pembelian. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi, yaitu faktor internal meliputi pribadi, gaya hidup dan psikologis. Dan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial dan budaya. Remaja yang memiliki norma sosial tinggi akan lebih mengkonsumsi produk sesuai dengan norma yang berlaku di sekitar lingkungan. Menurut perspektif ekonomi Islam memberikan ajaran untuk melakukan konsumsi yang moderat dan tidak berlebihan.

Kata Kunci : Pola konsumsi, Remaja, Media Sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah Luhur Prasetyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2024 08:09
Last Modified: 06 Dec 2024 08:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31322

Actions (login required)

View Item View Item