Suprianto, Joko (2024) Pembentukan Karakter Relegius Siswa Melalui Program Mukim di MI Al-Kautsar Durisawo dan MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
TESIS_JOKO SUPRIANTO_505220014_MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya Full day school program yang menjadi pilihan mayoritas masyarakat dalam menempuh pendidikan. Asumsi mereka program full day memberikan dampak lebih baik dalam pembelajaran. Namun, fakta saat ini bahwa program full day lebih memprioritaskan pendidikan formal sehingga pendidikan agama menjadi berkurang. Maka untuk menjembatani hal tersebut beberapa sekolah memprioritaskan pelajaran agama dengan membuat program mukim.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan dan menganlisis Strategi penanaman karakter Religius Siswa di MI Al Kautsar Durisawo (2) Menjelaskan dan menganlisis strategi penanaman karakter religius siswa di MI Pesntren Anak Soleh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo (3) Menjelaskan dan menganlisis dimensi karakter religius siswa di MI al-kautsar dan MI PAS Baitul Qur’an Ponorogo.
Kautsar Durisawo dan MI PAS Baitul Qur’an Gontor. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara 10 informan dengan klasifikasi 2 kepada Madrasah Ibtidaiya, 4 Guru dan 4 staf sekolah kemudian dilanjut observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, display data dan penarikan kesimulan.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan: (1) setrategi pembentukan karakter religius di MI al-Kautsar yang di buktikan dengan kegiatan pembiasaan, pembelajaran, dan kedisiplinan dilakukan sehari full di sekolah dan diikuti oleh seluruh murid. (2) Strategi pembentukan karakter religius di MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo melalui kegiatan pembiasaan, pembelajaran, dan kedisiplinan yang dilakukan secara mukim, dan hanya diikuti oleh kelas 6 yang mana mereka tinggal di asrama Sekolah.(3) Dimensi MI Al Kautsar lebih fokus pada program mukim dengan aktivitas harian yang terstruktur untuk menciptakan atmosfer religius yang kuat dengan mengistiqomahkan kajian al-Quran, sementara MI PAS Baitul Qur'an Gontor lebih menekankan pada pendidikan karakter yang seimbang dan integrasi nilai-nilai Qurani dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Miftahul Ulum dan Ahmad Munir |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 08:08 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 08:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31313 |
Actions (login required)
View Item |