Widipakerti, Audina (2022) Pengembangan LKPD berbasis search, solve, create, and share (SSCS) dengan pendekatan literasi sains untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
Rev. Audina Widipakerti 207180012 TIPA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterampilan komunikasi pada peserta didik disalah satu sekolah menengah pertama di Ponorogo yang tidak mencapai hasil yang optimal. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata keterampilan komunikasi sains siswa berada pada angka 46. Oleh karena itu, perlu adanya media yang dapat mendukung berkembangnya keterampilan komunikasi sains peserta didik. LKPD berbasis SSCS dengan pendekatan literasi sains tersusun atas beberapa kegiatan diantaranya membaca, menggali informasi untuk mengetahui pokok bahasan, mengonstruksi ide dan menyampaikan pendapat.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengetahui proses pengembangan, kelayakan, serta efektivitas dari produk LKPD yang telah dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada peserta didik kelas VII di SMPN 2 Jetis Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan posttest serta angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji independent t-test.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa LKPD berbasis SSCS pendekatan literasi sains yang telah dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak, dengan persentase pada aspek konten sebesar 83%, dan pada aspek desain sebesar 86%. Penilaian kemenarikan yang dilakukan oleh peserta didik mendapatkan respon positif pada dua kali uji coba yang dilakukan dengan mendapatkan persentase sebesar 75% pada kelas pertama dan 80% pada kelas kedua. Sedangkan LKPD berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik ditinjau dari hasil uji independen sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh mencapai 0.017 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan perolehan nilai peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen .
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 06:57 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 06:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31308 |
Actions (login required)
View Item |