Jati, Galang Damar (2024) Pengembangan Kitab Kasyifatussajaa Di Kelas 4 Sorogan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Dengan Menerapkan Prinsip-prinsip Metode STAD (Student Team Achievement Division). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200297_Galang Damar Jati_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pengajian sorogan adalah kegiatan wajib yang ada di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Pengajian sorogan dilakukan dengan santri menyetrkan bacaan kepada pembimbing. Pengajian sorogan di Darul Huda Mayak menerapkan prinsip-prinsip metode STAD. Metode STAD memiliki prinsip antara lain adalah pembelajaran secara tim, didasarkan pada manajemen kooperatif dan keterampilan bekerjasama. Adapun langkah-langkahnya menurut slavin ada 6 yaitu adalah dengan membentuk kelompok, pendidik menyajikan pelajaran, pendidik memberi tugas kepada kelompok, pendidik memberi kuis, pemberian evaluasi, dan yang terakhir kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan prinsip-prinsip metode STAD dalam pengajian sorogan kitab kasyifatussajaa di pondok pesantren Darul Huda Mayak; (2) kontribusi metode STAD dalam pengajian sorogan kitab kasyifatussajaa di pondok pesantren Darul Huda Mayak; (3) apa saja faktor pemnghambat dan pendukung pengajian sorogan kitab kasyifatussajaa dengan menerapkan prinsip-prinsip metode STAD di pondok pesantren Darul Huda Mayak; (4) persepsi santri terhadap penerapan prinsip-prinsip metode STAD dalam pengajian sorogan kitab kasyifatussajaa di pondok pesantren Darul Huda Mayak.
Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan observasi di kelas sorogan dan juga wawancara dengan koordinator pendidikan untuk memperoleh data mengenai kegiatan sorogan, kemudian wawancara dengan pembimbing sorogan untuk memperoleh data mengenai proses pengajian sorogan, dan wawancara dengan santri untuk memperoleh data mengenai persepsi santri terhadap kegiatan pengajian sorogan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) proses pengajian sorogan dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip dari metode STAD, yaitu dengan adanya kerjasama tim; (2) metode STAD memberikan kontribusi yang positif dalam pengajian sorogan, seperti meningkatkan pemahaman materi, menerapkan keterampilan sosial, dan motivasi belajar menjadi lebih tinggi; (3) faktor penghambat dalam kegiatan pengajian sorogan seperti keterbatasan pembimbing, tempat dan waktu sorogan, dapat diatasi oleh para pembimbing dengan memanfaatkan sumberdaya dan fasilitas yang ada di pondok; (4) persepsi santri terhadap pengajian sorogan dengan merepakan prinsip-prinsip STAD, santri merasakan dampak yang positif, karena pada dasarnya metode STAD menggunakan konsep berkelompok, yang mana dapat memberikan kemudahan kepada santri untuk melakukan kerja sama dalam memahami materi sorogan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Nu'man Hakiem |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 06:52 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 06:52 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31304 |
Actions (login required)
View Item |