Khariroh, Ummi (2024) (KEASLIAN TULISAN BELUM ADA..SILAJAN UPLOAD...)..Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Kesalehan Sosial di SMAN 1 Geger Madiun. Masters thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
UMMI KHARIROH_505220034_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji dan menganalisis tentang implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam meningkatkan kesalehan sosial di SMAN 1 Geger Madiun. Penelitiam ini berawal dari pentingnya kehidupan yang harmonis di tengah perbedaan agama di sebuah lembaga pendidikan. Potensi konflik antar siswa yang berbeda agama maupun perbedaan budaya serta status sosial akan merusak citra dunia lembaga pendidikan. Sehubungan dengan hal ini SMAN 1 Geger Madiun melakukan penerapan nilai-nilai pendidikan dalam meningkatkan kesalehan sosial di tengah banyaknya perbedaan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan Milles, Huberman dan Saldana, yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis (1) bentuk penerapan nilai-nilai Pendidikan multikultural dalam meningkatkan kesalehan sosial di SMAN 1 Geger Madiun; (2) strategi penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam meningkatkan kesalehan sosial di SMA Negeri 1 Geger Madiun; (3) dampak penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam meningkatkan kesalehan sosial di SMA Negeri 1 Geger Madiun.
Hasil dari penelitian ini. Pertama, bentuk penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam meningkatkan kesalehan sosial di SMAN 1 Geger Madiun dalam bentuk menghargai keberagaman, penerapan toleransi, dan prinsip keadilan dalam fasilitas pendidikan. Kedua, strategi penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam meningkatkan kesalehan sosial di SMAN 1 Geger Madiun termasuk kolaborasi antar bidang, pembelajaran agama yang inklusif, dan evaluasi sikap, berkontribusi pada terbentuknya lingkungan belajar yang harmonis dan toleran. Ketiga, dampak penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam meningkatkan kesalehan sosial di SMA Negeri 1 Geger Madiun berdampak positif pendidikan multikultural ini terlihat dalam interaksi siswa yang inklusif dan partisipasi aktif mereka dalam kegiatan yang mencerminkan prinsip multikulturalisme, seperti pagelaran budaya dan bakti sosial.
ABSTRACT
This study examines and analyzes the implementation of multicultural education values in increasing social piety at SMAN 1 Geger Madiun. This research began with the importance of a harmonious life in the midst of religious differences in an educational institution. The potential for conflicts between students of different religions as well as cultural differences and social status will damage the world image of educational institutions. In this regard, SMAN 1 Geger Madiun implements educational values in increasing social piety in the midst of many differences.
This research is a type of field research using a qualitative approach. Data collection techniques through interviews, observations and documentation. The data analysis using Milles, Huberman and Saldana is: data collection, data condensation, data presentation, conclusion drawing and verification.
The objectives of this study are to analyze (1) the form of application of multicultural educational values in increasing social piety at SMAN 1 Geger Madiun; (2) strategies for multicultural educational values in increasing social piety at SMA Negeri 1 Geger Madiun; (3) the impact of multicultural educational values in increasing social piety at SMA Negeri 1 Geger Madiun.
This study has found three findings. First, the form of applying multicultural educational values in increasing social piety at SMAN 1 Geger Madiun in the form of respecting diversity, the application of tolerance, and the principle of justice in educational facilities. Second, the strategy of implementing multicultural education values in increasing social piety at SMAN 1 Geger Madiun including collaboration between fields, inclusive religious learning, and attitude evaluation, contributes to the formation of a harmonious and tolerant learning environment. Third, the impact of the implementation of multicultural education values in increasing social piety at SMA Negeri 1 Geger Madiun has a positive impact on multicultural education can be seen in the inclusive interaction of students and their active participation in activities that reflect the principles of multiculturalism, such as cultural performances and social services.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | 1. Sugiyar 2. Nur Kolis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 03:20 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 03:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31287 |
Actions (login required)
View Item |