Ningrum, Rosita Cahya (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA DINI DITA AL-MANAAR AL-ISLAMIYAH NGABAR SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ROSITA ETHESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan visual spasial adalah kemampuan mengenali objek visual dan memahami hubungan antara garis, warna, bentuk, dan pola ruang. Ini memungkinkan seseorang mempersepsi objek melalui indra penglihatan dan menginterpretasikannya dalam bentuk kongkrit, seperti lukisan dan sketsa. Di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar, Kecerdasan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan kognitif anak, agar mereka dapat belajar dengan optimal dan mengembangkan potensi intelektual mereka secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; 2) Mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; dan 3) mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar dengan subjek informan kepala sekolah, guru kelas. Pada proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan model Milles, Huberman. Dalam proses analisis data terdapat tiga langkah yaitu kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo, guru berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini dengan memberikan pengarahan jelas, observasi mendalam, dan bimbingan yang sesuai, serta menciptakan lingkungan inklusif dan positif. Dengan mengintegrasikan seni untuk mendukung perkembangan holistik siswa, membantu mengatasi tantangan dan mengembangkan potensi anak; 2). Guru di TA Al-Manaar Al-Islamiyah berperan sebagai fasilitator dengan menyediakan media visual seperti gambar dan puzzle untuk merangsang kreativitas anak. Melalui diskusi kelompok dan presentasi karya siswa juga meningkatkan keterampilan komunikasi, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif; dan 3). Peran guru sebagai motivator sangat signifikan dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak. Mereka memberikan dorongan positif, menjelaskan manfaat kegiatan, dan menggunakan strategi reward seperti stiker untuk memotivasi. Penilaian berbasis proses dan penyesuaian kegiatan dengan minat anak meningkatkan keterlibatan dan rasa percaya diri, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd., |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 06:29 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 06:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31286 |
Actions (login required)
View Item |