..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. PENGGUNAAN BUKU CERITA DALAM MENUMBUHKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI ( 4-5 TAHUN) DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO

Soraya, Ayu Soraya (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. PENGGUNAAN BUKU CERITA DALAM MENUMBUHKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI ( 4-5 TAHUN) DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Revisi Skripsi_205180005_Ayu Soraya.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Metode bercerita merupakan suatu pemberian pengalaman yang dimiliki oleh anak, dalam melakukan suatu kegiatan pembelajaran yang ada di lembaga TK Muslimat NU 001 Ponorogo, dalam penggunaan buku cerita perkembangan bahasa anak menjadi lebih pesat. peneliti menyadari pentingnya perkembangan bahasa anak usia dini dan salah satu cara mengetahuinya adalah dengan menstimulasi kegiatan pembelajaran melalui buku cerita. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat berkontribusi untuk dunia pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan buku cerita serta 2) mengetahui capaian perkembangan bahasa anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan pemgumpulan data. Analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penggunaan buku cerita dalam menumbuhkan perkembangan bahasa anak usia dini 4-5 Tahun dengan cara guru menyiapkan tema pembelajaran pada hari itu, pendidik mulai bercerita sesuai dengan tema pada hari itu menggunakan media buku cerita, dalam penyampaian sebuah cerita pendidik harus mempunyai imajinasi yang tinggi supaya ketika dalam penyampaian cerita tidak monoton, pendidik membagi kelompok 3 sampai 4 anak, kemudian pendidik memberikan pertanyaan kepada anak setelah kegiatan belajar mengajar dan anak menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh pendidik sesuai dengan cerita: 2) Capaian perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan buku cerita yaitu menunjukkan bahwa sebagian besar anak telah mencapai tingkat perkembangan bahasa kategori B (BSH - Berkembang Sesuai Harapan), pada beberapa indikator kunci seperti menyimak perkataan guru, memahami cerita yang dibacakan, dan bertanya dengan kalimat yang benar. Namun, terdapat beberapa anak yang masih berada pada kategori C (MB - Mulai Berkembang) dalam beberapa indikator yaitu pada indikator memahami cerita. Hal ini juga tercermin dalam indikator lain seperti mengenal perbendaharaan kata dan memperkaya kosakata, di mana sebagian besar anak berada pada kategori B, tetapi beberapa anak masih dalam kategori C.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2024 01:28
Last Modified: 06 Dec 2024 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31276

Actions (login required)

View Item View Item