..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Implementasi Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Muslimat NU 008 Tanjungsari Jenangan Ponorogo).

Fitriani, Siti Afifah (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Implementasi Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Muslimat NU 008 Tanjungsari Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
REVISI_205180020_SITI AFIFAH FITRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bermain peran merupakan suatu metode yang digunakan dalam membantu mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Problematika di lapangan ditemukan bahwa terdapat beberapa anak yang masih memiliki perilaku sosial emosional yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa problem seperti anak yang sukanya menyendiri, bertengkar saat pembelajaran berlangsung, bahkan ada anak yang selalu diam pada saat pembelajaran dan hampir tidak mau melakukan kegiatan apapun bersama teman yang lainnya, akan tetapi ketika diluar kelas sangat aktif dan ceria. Hal tersebut erat kaitannya dengan perkembangan sosial anak usia dini. Dengan demikian diperlukan adanya suatu metode yang dapat membantu mengembangkan sosial emosional anak, salah satunya yaitu menggunakan metode bermain peran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode bermain peran, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional dalam penerapan metode bermain peran serta mendeskripsikan keberhasilan penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di RA Muslimat NU 008 Tanjungsari Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Teknik yang digunakan dalam proses pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah metode bermain peran dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini yaitu dengan: pemilihan tema yang menarik, penjelasan mengenai tema dan skenario, memilih pemeran, pelaksanaan bermain peran dan evaluasi; 2) terdapat 2 faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia dini dalam penerapan metode bermain peran yaitu faktor internal (genetik, motivasi diri, kesulitan dalam memahami peran) dan eksternal (lingkungan, interaksi sosial, orang tua, pendidik, kurangnya partisipasi anak); 3) keberhasilan penerapan metode bermain peran yaitu menunjukkan mayoritas anak berada pada kategori B (BSH – Berkembang Sesuai Harapan) di hampir semua indikator. Akan tetapi ada beberapa anak yang yang masih berada di kategori C (MB – Mulai Berkembang) dalam indikator menunjukkan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2024 01:27
Last Modified: 06 Dec 2024 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item