Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berwawasan Lingkungan untuk Menghasilkan Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Lebih Kritis dan Solutif

Buraidah, Siti (2021) Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berwawasan Lingkungan untuk Menghasilkan Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Lebih Kritis dan Solutif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
REVISI_211317025_SITI BURAIDAH_1.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Penerapan model Problem Based Learning (PBM)
sangat sesuai untuk materi pencemaran lingkungan. Hal ini
dikarenakan materi ini sangat berkaitan langsung dengan
kehidupan sehari-hari peserta didik. Pembelajaran berbasis
masalah (PBM) adalah peran guru dalam memberikan arahan
atau membantu peserta didik untuk memecahkan masalah yang
dimiliki peserta didik. Melalui pembelajaran berbasis masalah,
peserta didik mampu mengembangkan tingkat kemampuan
berpikir kritis dan solusi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
kemampuan berpikir kritis dan solutif dalam pembelajaran
pencemaran lingkungan (PBM) berbasis masalah, (2)
mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kemampuan
berpikir kritis dan solusi pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan subyek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VII SMPN 1
Balong dan MTs. Ma'arif Balong. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
Reduksi, Display, Verifikasi, Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1)
upaya guru dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik
dan solusi dengan upaya yang dilakukan guru, guru dapat
mengetahui cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis
peserta didik dan memecahkan masalah. Agar guru mengetahui
caranya agar peserta didik dapat berpikir kritis dan solutif serta
peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya dalam
berpikir kritis dan solusi di lingkungan sekitarnya, (2)
Kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap masalah
pencemaran lingkungan berbasis meliputi respon peserta didik
secara kritis. pemikiran dan solusi. Rata-rata materi
pencemaran lingkungan ini memiliki kemampuan yang sama
dalam metode pembelajaran berbasis masalah (PBM).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 08:10
Last Modified: 05 Dec 2024 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item View Item